Loading...
Event

Event Bali 2020

Bali adalah pulau yang eksotis dan merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal hingga mancanegara. Budaya, Alam serta keramahan penduduknya sehingga Bali tidak pernah sepi pengunjung. Jika kamu sudah memiliki agenda berlibur ke Bali di tahun 2020 bersama teman atau keluargamu, pas banget kami punya informasi menarik. Berlibur akan lebih terasa menyenangkan saat dihabiskan bukan hanya dengan sekadar bersantai tapi juga memplejari budayanya. Bali dikenal sebagai Paradise Island atau Pulau Surga bukan karena tanpa alasan. Kekayaan sumber daya alamnya yang cantik dan terjaga dengan baik menjadi daya tariknya tersendiri.

Bali pun dikaruniai oleh kekayaan budaya yang mampu memikat hati turis domestik dan turis mancanegara. Tidak mengherankan jika Bali selalu menjadi pilihan tepat berlibur bagi siapapun yang ingin dimanjakan kekayaan alam dan budayanya. Ada banyak event festival di Bali yang wajib kamu kunjungi yang menawarkan daya tarik wisata yang mungkin tidak bisa anda saksikan di tempat lain. Berikut ini adalah festival event di Bali yang rutin setiap tahun di adakan yang wajib anda datangi.

1. Perayaan Hari Raya Galungan (19 Februari – 22 Februari 2020)

Salah satu perayaan event Bali yang selalu ditunggu-tunggu banyak masyarakat adalah perayaan Galungan. Jika kamu sering berkunjung ke Bali namun belum pernah sekalipun menyaksikan event Galungan ini, kami saranin agar kamu segera membuat rencana trip selanjutnya. Perayaan hari raya Galungan ini adalah perayaan atas terciptanya bumi dan segala isinya. Masyarakat Bali sangat menghormati dan memandang perayaan Galungan sebagai perayaan yang sangat penting.

Berbagai persiapan dilakukan masyarakat setempat dengan penuh suka cita. Umat Hindu di Bali akan menuju ke pura-pura yang ada di sekitar tempat tinggal mereka saat perayaan hari raya Galunggan. Didominasi dengan pakaian warna putih, para perempuan Bali akan membawa sesaji di kepala mereka. Kamu pasti akan banyak menemukan menemui hiasan penjor di sepanjang jalanan yang ada di Bali. Penjor adalah tiang yang menjulang yang dilengkapi dengan janur dan hiasan seperti, buah-buahan, sayuran, padi, kelapa, dan lain sebagainya.

2. Ogoh Ogoh (24 Maret 2020)

Biasanya, pada malam Pengrupukan, festival ogoh-ogoh akan diadakan di Taman Puputan Denpasar. Ogoh-ogoh yang bisa masuk ke acara ini dipilih dari beberapa wilayah Denpasar. Acara ini diadakan untuk menghormati dan menghargai penciptaan ogoh-ogoh yang memiliki nilai seni dan tema tinggi. Ogoh ogoh yang masuk festival ini tidak diambil sembarangan, karena mereka telah menjalani proses seleksi. Ooh-ogoh ini harus memiliki nilai seni, tema, dan hiburan yang tinggi. Namun di seluruh pelosok Bali membuat dan mengarak ogoh-ogoh pada malam pengrupukan, jadi tidak usah khawatir bila belum sempat menonton di Taman Puputan Denpasar.

3. Nyepi (25 Maret 2020)

Nyepi adalah hari raya besar di Bali berasal dari kata sepi sunyi, senyap. Hari Raya Nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit. Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia /microcosmos) dan Bhuana Agung /macrocosmos (alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali.

4. Omed Omedan Festival ( 26 Maret 2020)

Omed-omedan adalah salah satu event atau festival untuk memperakrab sesama umat Hindu. Singkat kata, tim akan dibagi menjadi 2 kubu: teruna (pria) serta teruni (wanita). Setiap pasangan nantinya akan saling berpelukan erat sampai kedua kubu bisa berhasil untuk memisahkannya.  Tradisi Omed-Omedan biasanya diadakan di wilayah Sesetan Bali, sesudah Warga Bali menikmati Hari Raya Nyepi di Bali Para warga masyarakat akan mengguyur kedua pasangan kelompoknya agar bisa mencopot pelukan dan ciuman.

5. Bali Spirit Festival (24 Maret – 31 Maret 2020)

Punya agenda untuk berkunjung ke Bali selama seminggu penuh? Bisa banget nih kamu coba untuk mengunjungi tempat perayaan event Bali bernama Bali Spirit Festival. Kamu mungkin ragu untuk liburan karena takut ketika pulang berlibur ternyata berat badan bertambah. Kami punya solusinya buat kamu agar liburan kamu bisa bikin tubuh kamu sehat, bugar, tapi juga dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Bali Spirit Festival adalah perayaan internasional yang menawarkan pengalaman yoga, tari, dan musik.

Event ini akan memberikan kamu wawasan mengenai peremajaan dan inspirasi dengan menyediakan berbagai kelas yoga, meditasi, penyembuhan, tari, dan musik yang berlangsung dalam satu minggu. Selain itu kamu pun akan menemukan berbagai lokakarya yang berfokus pada kesehatan, spiritualitas dan pengembangan diri. Merasa event ini sangat menggambarkan diri kamu atau sesuai dengan apa yang kamu butuhkan? Yuk ikutan!

6. Ubud Food Festival (17 April – 19 April 2020)

Buat kamu pecinta kuliner, Ubud Food Festival adalah tempat kunjungan perayaan event Bali yang cocok banget buat kamu kunjungi. Kamu akan disuguhkan berbagai pilihan kuliner terbaik yang mampu memanjakkan lidah kamu. Tidak hanya kuliner khas Bali yang akan kamu temukkan di festival ini tapi juga kuliner nusantara lainnya yang bercita rasa menggoda. Kamu bisa menambah wawasan seputar dunia kuliner di festival ini karena akan ada panel diskusi yang melibatkan para pembicara seperti juru masak, pelaku industri kuliner nasional dan internasional, bahkan ahli gastronomi.

Seru banget kan? Bukan hanya perut kamu saja yang dibuat kenyang di festival ini tapi kamu juga akan dibuat kenyang oleh berbagai pengetahuan mengenai dunia kuliner, industri panganan, dan cerita budaya di balik lezatnya berbagai panganan yang akan kamu temukan disana. Kamu pun bisa membawa pulang kerajinan atau alat masak unik di festival ini yang bisa digunakan sebagai buah tangan yang menarik.

7. Nusa Dua Light Festival (To Be Announced – Mei 2020)

Mungkin anda ingin melihat festival lampion? Anda bisa datang ke Nusa Dua Light Festival! Nusa Dua Light Festival yang merupakan satu diantara festival dengan instalasi seni dengan menggunakan sumber cahaya. Pagelaran acara festival tersebut lumayan lama, sekitar 13 – 15 hari. Oleh karena itu tidak ada alasan untuk mangkir dari acara festival, karena lama diadakannya! Tema setiap tahunnya akan berbeda-beda. Seperti pada waktu tahun 2018 dengan tema Underwater, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai instalasi seni LED yang berbentuk biota laut diantaranya cumi-cumi, ikan, dan banyak lagi!

8. Bali Blues Festival ( Juni – Juli 2020)

Apakah kamu penyuka musik blues? festival ini wajib untuk anda ke Bali Blues Festival Berlokasi di Peninsula Nusa Dua, Bali Blues Festival menyuguhkan nuansa romantis serta mendengarkan lagu yang dimainkan oleh musisi ternama. Bayangkan, tatkala lirik dan nada yang menggugah rasa sedang berdendang di udara, suara dari ombak-ombak gemas melengkapi suasana.

9. Pesta Kesenian Bali ( Juni – Juli 2020)

Bagi anda yang bingung mau dateng ke acara festival yang Bali banget, yuk merapat di Pesta Kesenian Bali! Disingkat menjadi PKB. Acara ini dapat dikatakan sebagai festival budaya paling besar atau top di Bali, yang diadakan oleh pemerintah setempat. Tidak cuma menargetkan wisatawan & seniman Bali aja, mereka juga mengundang tamu dari seluruh penjuru Nusantara.

10. Sanur Jazz Festival (To Be Announced – Juli 2020)

Musisi Indra Lesmana, membawakan pertunjukan jazz live ke Sanur melalui seri musikalnya “Mostly Jazz” di depan pantai resor Griya Santrian. Mostly Jazz adalah program seri musik yang dikembangkan untuk memfasilitasi ekspresi, penciptaan, komunikasi dan presentasi musik untuk seniman dan komunitas musik pada umumnya. Mempersembahkan musisi lokal dan nasional, festival kuliner untuk semua pecinta jazz.

11. Kuta Seasandland Festival ( 15 Agustus 2020 )

Kuta Seasandland adalah Festival Pantai yang di selenggarakan lima hari yang berlangsung di Pantai Kuta yang populer, diisi dengan berbagai acara seperti parade oleh komunitas Kuta, festival kuliner, atraksi seni dan budaya, kompetisi internasional, dan hiburan musik tingkat internasional.

12. Sanur Village Festival (21 – 25 Agustus 2020)

Sanur Village Festival adalah kegiatan acara yang terdiri dari rangkaian acara yang berbeda pada setiap harinya. Ada anyak vendor makanan lokal Bali, sanur serta resto-resto terkenal akan buka pada SVF.  Salah satu kalender event yang ditunggu-tunggu saat SVG adalah International Sanur Kite Festival, di mana semua pemain layangan dari segala penjuru dunia bakal menerbangkan layang-layang keren dan unik pada pantai Mertasari.

13. Bali Kite Festival (To Be Announced – Agustus 2020)

Siapa diantara kalian yang punya pengalaman menyenangkan bermain layang-layang waktu kecil dulu? Kangen ya saat kita kecil dulu sering kita temukan anak-anak bermain layangan dengan riangnya. Saat ini cukup jarang kita temukan layang-layang yang beterbangan di langit biru. Eitssss, jangan sedih, buat kamu yang rindu menyaksikan layang-layang yang cantik atau bahkan berpartisipasi memainkannya secara langsung kamu bisa kunjungi Bali Kite Festival!

Festival ini biasa berlangsung di musim kemarau disaat angin sedang berhembus cukup kencang sehingga layang-layang dapat terbang dengan baik. Festival layang-layang ini merupakan festival internasional yang dilaksanakan di daerah Pantai Padang Galak, Sanur, BaliSelain bisa menjadi ajang nostalgia bermain layangan saat dulu kecil, festival ini juga cocok menjadi salah satu pilihan wisata ramah anak. Tempat perayaan event Bali ini akan membuat kita terpukau dengan keanekaragaman layang-layang yang ditampilkan dengan berbagai jenis corak, warna, dan ukuran.

14. Ubud Village Jazz (To Be Announced – Agustus 2020)

Sesuai dengan namanya, tempat perayaan event Bali bertajuk Ubud Village Festival ini diselenggarakan di daerah Ubud. Perpaduan latar belakang Ubud Bali yang cantik dan musik jazz yang mengalun indah tak perlu lagi kamu ragukan. Setelah Ubud Food Festival yang menunjukkan kelebihannya di bidang kuliner, Ubud menawarkan pengalaman menikmati musik yang tak kalah serunya.

Festival ini menghadirkan berbagai musisi jazz papan atas tanah air dan musisi internasional untuk memanjakkan telingamu. Bali mampu menunjukkan bahwa keberagaman seni budaya mampu diterima baik disini. Tidak hanya event musik tradisional, event musik internasional dengan nuansa musik kontemporer mampu menjadi daya tarik wisatawan menjelajahi pengalaman musik yang beragam di festival ini.

15. Kuta Karnival (To Be Announced – Oktober 2020)

Kuta Karnival adalah event tahunan yang diadakan di wilayah Kuta. Akan ada banyak orang bergabung dengan festival makanan ini untuk menyajikan keterampilan kuliner di sana. Selain kedai makanan lezat, akan ada pemutaran film, sesi DJ, taman bermain anak-anak dan banyak kegiatan hiburan lainnya. Jadi jangan lewatkan Festival Makanan Bali ini di Kuta Karnival.

16. Nusa Dua Fiesta (To Be Announced – Oktober 2020)

Nusa Dua Fiesta adalah satu diantara acara terbesar di Bali yang biasa diadakan di penghujung tahun! Bermacam-macam pagelaran budaya diadakan selama 3 hari berturut, serta tentunya dirancang dengan tingkat internasional. Nusa Dua Fiesta ini merupakan salah satu acara budaya paling keren dengan konsep yang bener-bener matang. Pertama, pertunjukan budaya yang dilakukan itu tidak seperti acara-acara yang sekedarnya. Ada berbagai kostum adat daerah di Nusantara, yang kalian bakalan banyak saksikan budaya yang enggak kalian pernah lihat secara live! Dipadukan dengan lighting yang dirancang dengan apik untuk menciptakan suana serta sensasi yang WAW!

17. Denpasar Festival ( 28 – 31 Desember 2020 )

Untuk anda yang belom pernah ke Denpasar Festival, anda bisa ke Acara lokal yang dipersembahkan untuk warga sekitar Denpasar dan sekitarnya yang biasanya akan memanggil puluhan line-up penyanyi keren. Kearifan lokal dari dan untuk seluruh masyarakat Denpasar akan dibuat dalam waktu 4 hari berturut-turut. Agar suasana makin seru, bakalan ada beberapa panggung yang serentak dengan berbagai band-band indie yang memeriahkan situasi DENFEST! Ada banyak  kuliner lokal yang dapat kamu coba. Mulai dari makanan gerobakan, hingga jajanan sekolah yang sulit anda dicari sekarang.

Banyak banget ya pilihan tempat perayaan event Bali yang bisa kamu kunjungi tahun 2020 nanti. Bingung pilih salah satunya dan ingin mengunjungi lebih dari satu? Masuk akal jika kamu berpikir demikian. Bali memang tidak terkalahkan dalam urusan festival dan event-nya yang menarik. Jangan lupa untuk membuat rencana liburan kamu dengan baik untuk bisa mengunjungi berbagai tempat perayaan event di Bali. Semoga rekomendasi event di Bali ini membantu kamu untuk menghabiskan liburan kamu dengan teman teman dan keluarga lebih bermakna.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *