Loading...
Kuliner

Kuliner Khas Kabupaten Buleleng

Buleleng merupakan destinasi wisata dunia yang di akui memiliki keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai di Buleleng pun menjadi pantai terindah di Indonesia bahkan di dunia. Selain pantai di kota Buleleng terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum tercemar yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah sibuknya aktivitas sehari hari. Inilah wisata kota Buleleng yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya. Dan jangan sampai ketinggalan dengan makanan khas yang dimiliki Kabupaten Buleleng. Makanan khas Buleleng sangatlah terkenal seperti Siobak Babi yang kini sudah ada di seluruh penjuru Bali. Mau tau apa saja makanan khas dari Buleleng? Berikut daftarnya

1. Kuliner Siobak Babi Khe Lok

Kuliner Siobak Babi Khe Lok Cita Rasa China dan Bali di Buleleng Bali merupakan makanan khas kabupaten Buleleng yang berbahan baku daging babi. Hampir seluruh bagian tubuh babi dapat diolah untuk dijadikan siobak. Mulai dari kulit, daging, tulang rawan, sampai jeroannya. Daging Babi pertama-taman direbus dengan kecap manis dan kecap asin serta beberapa rempah sampai empuk. Kemudian, daging yang sudah direbus dipotong tipis-tipis, ditata diatas sebuah piring dan ditambah kerupuk kulit babi yang renyah. Lalu dilumuri dengan saus spesial berwarna coklat tua yang merupakan kombinasi cita rasa kuliner China dan Bali. Sepiring siobak tersebut akan diberi topping berupa acar mentimun dan taburan cabe cincang.

2. Kuliner Blayag

Kuliner Blayag Khas Buleleng di Singaraja Buleleng Bali merupakan makanan tradisional yang kini sebenarnya semakin diminati. Terutama mereka yang suka menjelajah kuliner khas-khas daerah. Blayag merupakan makanan yang terdiri dari tipat blayag, Kacang atau Kedele, Saur kelapa serta Kuah ayam nyat-nyat serta sayur. Saat Bondalem Coral Day berlangsung di Desa Bondalem, Blayag menjadi salah satu menu utama di stan kulinernya. Rasa blayag bisa berbeda tergantung dari racikan pembuat bumbunya. Namun pada dasarnya, bahan dasarnya sama yang terletak pada rasa kuah ayam nyat-nyat. Kuah Ayam nyat-nyat dengan bumbu Bali atau Base Genep yang kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah inilah yang menjadi modal rasa yang utama sehingga Blayag sangat dinikmat ketika dimakan.

3. Kuliner Khas Jukut Undis dan Sundang Lepet

Jukut undis sendiri adalah sejenis hidangan soup yang terbuat dari kacang Gude (kacang kayo) sejenis kacang hitam yang memiliki bentuk kecil seperti kedelai namun berwarna hitam pekat. Biasanya kacang ini dijual dalam dua jenis yaitu kacang muda yang masih segar dan kacang yang sudah dikeringkan. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk membuat jukut undis namun perbedaannya akan terlihat pada lama proses memasaknya. Bumbunya minimalis yang berarti jukut undis ini tetep memiliki rasa yang enak dan khas sehingga mempunyai penikmatnya sendiri. Untuk melengkapi sajian jukut undis biasanya sudang lepet dan nasi sela (nasi yang dicampur ubi jalar) dihadirkan sebagai pendampingnya. Sudang lepet merupakan hidangan berbahan dasar ikan laut yang dikeringkan. Secara harfiah kata “sudang” memiliki arti ikan asin sementara “lepet” berarti sial jadi jika diartikan sudang lepet berarti ikan asin yang sial.

4. Kuliner Tradisional Pulung Nyepi

Kuliner Tradisional Pulung Nyepi di Sukasada Buleleng Bali ini di konsumsi setiap hari, meskipun jajanan ini khusus dibuat pada waktu hari raya Nyepi (saat Pengkrupukan). Pulung Nyepi merupakan hidangan khas Kelurahan Sukasada, sebagai salah satu jajanan yang dipakai untuk tradisi umat Hindu di Desa Sukasada dalam memperingati hari raya Pengkrupukan. Yaitu satu hari sebelum hari raya nyepi. Bahannya dari tepung beras dicampur sedikit kanji, kemudian dikukus. Setelah dingin diuleni dan dibentuk giling-giling, agak bulat dan lonjong memanjang, kemudian direbus sampai pulung nyepi naik kepermukaan air rebusan, ditiriskan dan disajikan dengan parutan kelapa muda.

5. Kuliner Rujak Yeh Kuwud

Kota Buleleng juga terkenal akan Wisata Kuliner Khas Singaraja Rujak yeh kuwud di Buleleng Bali yang sangat menarik untuk dicoba. Desa Suwud. Kecamatan Sawan, Buleleleng Rujak yeh kuwud terbuat dari air kelapa setengah tua, yang memiliki rasa manis, asin, rasa lengkuas serta segar karena sedikit bersoda. Rujak yeh kuud bisa juga dibuat dari air kelapa muda sisa dari pembuatan lawar nyuh sehingga semua bagian dari kelapa muda diantaranya daging buah dan airnya bisa dimanfaatkan maksimal. Rujak yeh kuwud juga bisa menetralkan perut dan mulut setelah mengkonsumsi hidangan berlemak yang berbahan daging babi seperti lawar. Minuman tersebut saat ini masih di konsumsi sebagai minuman segar sehari-hari, tetapi tidak ada yang menjualnya, dan hanya dibuat pada saat ada kegiatan memasak lawar saja di banjar. Kekhasannya rujak ini menggunakan air kelapa muda yang ditambah lengkuas, sehingga minuman ini bisa menghangatkan tubuh.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *