Loading...
Bali Travel BlogTempat Wisata

Museum di Bali Paling Terkenal, Unik & Terbaru

Berbeda dengan review Tempat Wisata di Bali sebelumnya yang banyak mengupas objek wisata alam baik pantai maupun non pantai, kali ini memberikannsejumlah Tempat Wisata yang termasuk ke dalam Daftar Museum di Bali yang tidak kalah menariknya untuk kita ketahui. Yang mana, satu hal yang wajib anda ketahui, bahwasanya Bali termasuk ke dalam daftar lima kota besar di Indoensia yang banyak jumlah museumnya.

Tentunya kita selain menikmati pesona keindahan wisata alam Bali berupa pantai pasir putih yang eksotis. Akan tetapi, banyak juga tempat wisata di Bali selain pantai yang asyik dan tak kalah menarik, seperti dengan mengunjungi beberapa museum di bawah ini. Informasi berikut ini yang akan me-review museum terkenal yang ada di Bali.

1. Museum 3 Dimensi Dmz Bali

Daftar Museum di Bali yang sangat terkenal dan sangat direkomendasikan wajib dikunjungi adalah Dream Museum Zone (DMZ). Alamat Dream Museum Zone (DMZ) adalah lokasinya berada di jalan Nakula No 33X, Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Bali. Daya tarik Dream Museum Zone (DMZ) adalah merupakan museum lukisan tiga dimensi pertama di Indonesia dan terpopuler di Bali. Museum ini menawarkan sensasi melihat dan berinteraksi langsung dengan gambar atau lukisan 3 dimensi yang penuh ilusi gambar yang luar biasa. Koleksi Trick lukisan tiga dimensi (Trick Art 3D) yang ada di Museum DMZ Bali ini merupakah buah karya dari seniman lukis asal Korea.

Bagi anda yang penyuka kegiatan wisata foto – foto selfie, maka Museum 3D Dream Zone DMZ ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Bali yang Instagramable. Ada banyak spot menarik untuk berfoto di Museum Bali ini, dimana anda bisa berfoto, dan untuk mendapatkan spot terbaik kita pun akan dibantu staff museum yang ramah. Terdapat tidak kurang koleksi 80 gambar 3 dimensi yang ada di Museum 3D Dream Zone DMZ, diantaranya mulai dari gambar binatang, tempat, tokoh ternama, fantasi, lukisan jatuh dari pesawat dan berbagai karya monumental lainnya. Waktu operasional tempat wisata di legian kuta bali ini adalah setiap hari, mulai buka dari pukul 09.00 – 22.00 WITA. Harga tiket masuk museum 3 dimensi ini adalah untuk wisatawan lokal atau WNI Rp.100.000/orang, sementara untuk turis asing atau WNA Rp.150.000.

2. Bali Shell Museum ( Museum Kerang )

Destinasi satu dari Daftar Museum di Bali selanjutnya yang menarik untuk kita kunjungi adalah Museum Kerang atau Bali Shell Museum. Alamat dari Bali Shell Museum ini adalah lokasinya berada di Jalan Sunset Boulevard, Desa Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Daya tarik utama museum kerang yang unik satu – satunya yang ada di indonesia. Di museum yang memiliki luas sekitar 1.500 m2 ini, kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan beraneka ragam jenis kerang di lautan. Bangunan museum ini terdiri dari 3 lantai, dimana di setiap lantainya menawarkan konsep dan suasana yang berbeda dengan ruangan yang lainnya.

Di lantai pertama, kita bisa menyaksikan lampu dengan pajangan dinding, hingga beragam pernak – pernik yang ditata secara apik dengan bahan dasar dari kerang. Sementara di lantai dua Bali Shell Museum ini kita akan disuguhi beragam koleksi kerang yang banyak sekali jumlahnya, mulai dari ukuran dan umur kerang yang berbeda, dan menariknya kerang – kerang tersebut tidak hanya dari lautan indonesia, tapi dari seluruh perairan laut dunia. Yang paling cukup menarik banyak perhatian pengunjung yang datang ke Bali Shell Museum, adalah terdapatnya fosil Ortoceras yang berusia 395 juta tahun. Terakhir di lantai ketiga, pengunjung akan disuguhi koleksi museum yang terdiri dari fosil biota laut seperti jenis bulu babi, hiu, bintang laut dll. Harga tiket masuk bali shell museum di Kuta Bali ini, setiap pengunjung akan dikenakan tarif Rp.50.000 ( Dewasa ) dan Rp.30.000 ( Anak ). Waktu operasional satu dari Daftar Museum di Bali yang terkenal ini adalah setiap hari, mulai buka dari pukul 09.00 – 21.00 WITA.

3. Museum Geopark Batur

Destinasi dari Daftar Museum di Bali selanjutnya yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi adalah Museum Gunung Batur. Alamat Museum Gunung Batur ini adalah berlokasi di Jalan Raya Penelokan, Batur Selatan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652. Gunung Batur selama ini dikenal sebagai salah satu Gunung Berapi yang masih aktif yang ada di Bali dan juga Indonesia. Gunung Batur sendiri tercatat merupakan gunung berapi yang memiliki ketinggian tidak kurang dari 1.717 meter di atas permukaan air. Daya tarik utama wisata Gunung Batur adalah gunung berapi ini merupakan sisi lain Tempat Wisata Alam di Bali yang sangat indah pemandangannya, pesona keindahannya selain bisa anda nikmati dengan datang langsung ke sana, namun juga bisa dilihat dari wilayah Kintamani, bahkan dari sana kita bisa menyaksikan eksotisme Gunung Batur lengkap dengan danaunya, sambil kita menikmati kuliner khas Kintamni.nBagi anda yang datang langsung untuk melihat pesona gunung batur dari dekat, maka anda pun jangan lewatkan masuk mengunjungi Museum Geopark Batur.

Di Museum Gunung Batur ini kita bisa tahu dan belajar banyak untuk mengetahui segala hal seputar Gunung Berapi ini. Koleksi di dalam Museum Geopark Batur sendiri antara lain kita bisa melihat beragam jenis bebatuan yang berasal dari Gunung Batur lengkap dengan keterangannya. Di dalam museum juga dipamerkan beragam peralatan yang selama ini pernah digunakan oleh para ilmuan untuk penelitian di Gunung Batur. Selanjutnya di dalam museum gunung batur ini juga tidak ketinggalan dihadirkan foto – foto Gunung Batur dari masa ke masa plus foto gunung berapi lainnya di Indonesia. Dan yang menarik di dalam Museum Geopark Batur ini adalah, pengunjung bisa menyaksikan film dokumenter sejarah dan letusan Gunung Batur sepanjang masa. Museum Geopark Batur saat ini menjadi tempat wisata favorit di Bali yang banyak dikunjungi oleh siswa – siswi sekolah serta turis mancanegara. Untuk kenyamanan pengunjung dalam menikmati keindahan gunung batur, pengelola pun telah menyediakan teropong di ruang pengamatan. Harga tiket masuk museum gunung batur ini, setiap pengunjung yang masuk akan dikenakan biaya Rp.10.000/orang ( Dewasa & anak )

4. Museum Subak

Destinasi selanjutnya dari Daftar Museum di Bali yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi adalah Museum Subak. Terdapat dua Museum Subak di Bali yaitu Museum Subak Gianyar dan Museum Subak Tabanan. Subak sendiri dikenal selama ini merupakan sebuah sitem irigasi yang berlaku dan berkembang secara turun temurun di pulau Bali. Tujuan dari sistem irigasi Subak adalah para petani di Bali akan mendapatkan jatah pembagian air untuk keperluanya secara adil. Dengan sistem yang unik, tertib serta sudah berkembang secara turun temurun inilah yang kemudian sebuah badan dunia di bawah PBB, yaitu Unesco di bulan mei 2012 telah menetapkan bahwa sistem irigasi Subak di Bali ini merupakan salah satu dari Warisan Budaya yang dimiliki oleh Dunia. Untuk mengenalkan kepada masyrakat luas seputar sistem irigasi Subak iu seperti apa, maka dibangunlah Museum Subak.

Museum Subak Bali sendiri dibagi ke dalam dua komplek bangunan museum yang memiliki fungsi masing – masing yang berbeda. Yang pertama Museum Induk yang mempunyai 2 gedung utama yang berfungsi masing – masing untuk pusat informasi dan satunya lagi untuk gedung ruang pameran. Di 2 gedung museum induk atau utama ini kita bisa mencari tahu segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem pertanian yang ada di pulau Bali. Di gedung museum utama terdapat miniatur sitem irigasi Subak yang menggambarkan secara lengkap proses dari pembuatannya, mulai dari proses menemukan sumber mata air, selanjutnya membuat terowongan untuk saluran air, hingga bagaimana mengukur saluran irigasi. Selain itu kita juga bisa mengenal lebih dekat beragam peralatan pertanian tradisional yang selama ini digunakan oleh petani Bali. Mulai dari alat pemotong padi saat dipanen, kemudian alat penumbuk padi, serta tidak ketinggalan peralatan untuk membajak sawah. Menariknya dari Museum Subak Bali ini adalah terdapatnya museum terbuka yang merupakan areal pesawahan yang luas lengkap, di musuem ini kita bisa menyaksikan bagaimana hebatnya sitem pertanian tradisional Bali dengan sitem irigasi Subak nya yang telah berlaku secara turun temurun. Setiap pengunjung yang akan masuk ke museum di bali ini, maka akan dikenakan harga tiket masuk museum subak Rp.10.000 (Dewasa) Rp.5.000 (Anak). Waktu operasional tempat wisata Museum Subak di Gianyar tabanan bali ini adalah setiap hari, Mulai dari pukul 08.00 – 16.30 WITA.

5. Museum Puri Lukisan

Sahabat traveler’s, selanjutnya di Daftar Museum di Bali yang terkenal dan sangat rekoneded di kunjungi adalah Museum Puri Lukisan. Alamat Museum Puri Lukisan ini berlokasi di di Jalan Raya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Daya tarik utama objek wisata Museum Puri Lukisan adalah inilah museum yang merefresentasikan keindahan Bali dalam karya seni lukis serta pahat. Beragam lukisan yang artistik karya dari seniman – seniman bali terkenal seperti Ida Bagus Nyana, Ida Bagus Gelgel, I Gusti Nyoman Lempad dll ada di sini.

Diantaranya adalah lukisan – lukisan para penari bali yang cantik, serta sejumlah karya seni pahatan yang memvisualisasikan dewa – dewa juga ada di sini.Tidak hanya itu saja, ruangan museum juga dihiasi dengan banyak ornamen khas bali dengan suasana khas budaya pulau dewata yang sangat kental. Yang paling menarik, suasana dunia Bali di museum ini semakin terasa, dimana di dalam ruangan museum ini diputar alunan musik bali, dan di luar taman nan hijau menggoda. Harga tiket masuk museum puri lukisan, setiap pengunjung yang akan masuk dikenakan biaya Rp.75.000/orang. Waktu operasional salah satu museum di ubud bali ini adalah setiap hari buka 2 kali, mulai dari pukul 00.00 – 18.00 WITA, serta 21.00 – 00.00 WITA.

6. Museum Topeng Dan Boneka Setia Darma

Selanjutnya di Daftar Museum di Bali yang bagus untuk kita kunjungi adalah museum yang populer berjuluk Setia Darma House Of Mask and Puppet. Alamat Rumah Topeng & Boneka Setia Darma ini adalah di di Jalan Tegal Bingin (Mas, Ubud) Banjar Tengkulak Tengah, Desa Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali. Daya tarik utama wisata museum yang dimiliki oleh pemilik Nikko Steel, Hadi Sunyoto ini adalah museum yang memiliki koleksi barang tidak kurang dari 1.200 topeng dan 6900 wayang, patung dan boneka dari seluruh dunia.

Jenis wayang yang ada di museum ini sangat beragam seperti dari Indoensia ada Wayang Kulit, Wayang Golek, Wayang Rumput, Wayang Potehi, Wayang Wahyu, sementara dari mancanegara terdapat jenis wayang khas dari Negara India, Srilanka, China hingga dari negeri jiran pun, yaitu Malaysia ada. Yang cukup unik, terdapatnya wayang kayu asal Mali Afrika, dimana bagian kepalanya berbentuk elips, karena dipercaya nenek moyang mereka dari luar angkasa. Setiap pengunjung yang akan memasuki museum di sukawati gianyar bali ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

7. Museum Bali Denpasar

Daftar Museum di Bali selanjutnya yang wajib kita kunjungi saat liburan di Pulau dewata adalah Museum Bali Denpasar. Alamat Museum Bali Denpasar adalah lokasinya berada di Jl. Mayor Wisnu No.1, Dangin Puri, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali 80232. Waktu operasional Museum di Denpasar Bali ini adalah setiap hari, mulai dari pukul 07.30 – 15.30 Wita, dan jum’at 07.30 – 13.00 Wita. Daya tarik wisata museum yang sudah berdiri dari sejak tahun 1931 ini adalah merupakan museum negeri provinsi Bali.

Di museum ini kita akan banyak mengetahui informasi seputar peradaban manusia dari zaman ke zaman, terutama kehidupan masyarakat Bali. Koleksi Museum Bali Denpasar ini terdiri dari koleksi etnografika seperti contohnya benda – benda yang digunakan manusia saat zaman pra sejarah. Kemudian juga ada benda zaman dulu digunakan untuk upacara adat dan ritual keagamaan, serta perkembangan seni dan budaya masyarakat bali dari waktu ke waktu. Setiap pengunjung yang akan memasuki museum ini, akan dikenakan Harga Tiket masuknya perorang adalah Rp.5.000. Eksotis dan artistiknya museum ini, sering juga digunakan sebagai tempat foto prewedding di Bali, dimana untuk biayanya adalah Rp.150.000/sesi.

8. Museum Antonio Blanco

Selanjutnya di Daftar Museum di Bali yang sangat populer dan wajib dikunjungi oleh kita adalah Museum Blanco Renaissance. Alamat Museum Antonio Blanco sendiri lokasinya berada di Jalan Raya Penestanan No.8, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Museum Antonio Blanco adalah merupakan salah satu Tempat Wisata Museum di Ubud Bali yang sangat terkenal. Museum di Bali ini adalah museum yang didirikan oleh seorang maestro seniman lukis yang sangat terkenal di dunia asal Spanyol, Antonio Blanco. Lokasi Museum Antonio Blanco berada di kawasan perbukitan dekat dengan Bukit Campuhan Ubud dan museum ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Wisatawan yang sedang liburan di Ubud Bali, sudah pasti banyak yang menyempatkan untuk datang ke museum ini terutama turis asing, alasan mereka datang ke museum ini adalah karena mereka menilai bahwa Museum Antonio Blanco ini memiliki nilai penghargaan yang tinggi terhadap adat dan budaya Bali.

Salah satu karya seni lukisnya yang terkenal adalah foto penari bali, yang mana figur di lukisannya itu adalah istrinya sendiri Ni Ronji. Selama hidupnya Antonio Blanco banyak dikenal dan dekat dengan banyak kepala negara, artis bintang dunia hingga pangeran dan lewat dedikasinya akan seni lukis, Antonio Blanco ini pun pernah didaulat mendapat gelar kehormatan ” Don ” dari raja spanyol. Selain menikmati karya seni lukisan buah karya Antonio Blanco, pengunjung pun bisa menikmati fasilitas wisata lainnya. Museum Antonio Blanco ini juga telah dilengkapi fasilitas mulai dari pusat kuliner berupa resto, Art Shop, Ruang santai hingga toilet dll. Setiap pengunjung yang masuk ke museum ini akan dikenakan tiket masuk Rp.30.000 ( Domestik ) dan Rp.50.000 ( Turis Asing). Waktu operasioanl salah satu museum terbaik dalam daftar museum di bali ini adalah setiap hari, mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WITA.

9. Museum Neka Ubud

Selanjutnya di ulasan Daftar Museum di Bali yang terkenal dan wajib dikunjungi adalah Museum Neka di Ubud. Alamat Museum Neka ini berlokasi di Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, Indonesia. Daya tarik museum di Bali yang dibuka tahun 1982 ini sesuai namanya dimiliki seorang kolektor seni berprofesi seorang guru yaitu Suteja Neka. Bangunan Museum Neka di Ubud ini memiliki arsitektur dan design khas Bali namun memiliki fasilitas dengan standar museum internasional. Semua koleksi hasil karya seni di Museum Neka Ubud ditata secara berurutan dan sangat terorganisir sehingga memudahkan pengunjung menikmati karya seni di sini.

Museum Neka memiliki koleksi tidak kurang dari 300 hasil karya lukisan dari seniman dalam dan mancanegara. Diantara lukisannya yang sangat terkenal yang bisa kita nikmati di museum Neka adalah hasil karya seniman dan maestro lukis indonesia Affandi dan Bagong Kusudiardjo. Dua lukisan Affandi yang ada di musuem Neka adalah Lukisan Tari Barong dan Rangda yang dibuat tahun 1973, dan lukisan Perahu Nelayan di tahun 1975. Sementara karya lukisan karya seniman lukis Bagong Kusudiardjo yang ada di museum neka adalah lukisan berjudul Penari yang dibuat tahun 1990. Tidak hanya karya seni lukis, di museum Neka Ubud Bali ini juga dipamerkan beragam karya seni lainnya seperti Keris dan patung. Setiap pengunjung yang akan memasuki museum neka ini akan dipungut biaya Rp.50.000/orang, dan anak usia di bawah usia 12 tahun gratis. Waktu operasional museum neka di ubud bali ini adalah setiap hari, buka dai mulai 09.00 – 17.00 Wita (weekday), 13.00 – 17.00 Wita (Weekend).

10 Museum Arma Ubud

Traveler’s, Daftar museum di Bali selanjutnya yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi lainnya yang ada di Ubud adalah Museum Arma. Alamat dari Musuem Agung Rai Museum Of Art (ARMA) ini berlokasi di jalan Pengosekan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali 80571. Daya tarik utama wisata Museum Arma di Ubud Bali ini adalah inilah museum yang didedikasian pemiliknya Agung Rai untuk dunia seni Bali. Berkunjung ke museum ini, maka kita akan bisa menikmati suguhan beragam karya seni, kita juga bisa merasakan budaya bali yang sangat kental. Kenyamanan pengunjung yang datang ke Museum Arma akan semakin lengkap dengan design kawasan museum yang di dalamnya ada taman indah. Koleksi museum yang bisa kita lihat di sini adalah semua benda seni yang dibuat mulai dari cara tradisional hingga kontemporer, dalam dan luar negeri. Untuk hasil karya seni lukisannya, di sini dipamerkan banyak lukisan kamasan klasik yang dibuat dari kulit pohon di tahun 1930 hingga tahun 1940 an.

Selain memamerkan hasil karya seni, pengelola pun sediakan fasilitas wisata mulai dari toko buku, perpustakaan dengan ruang bacanya, lokakarya budaya, koferensi, seminar hingga disediakan pula pelatihan bagaimana cara membuat karya seni. Sahabat traveler’s, setiap pengunjung yang akan memasuki museum arma ubud akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.50.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk di dalamnya anda akan mendapatkan wellcome drink minuman teh dan kopi di sebuah cafe di dalam museum ini. Waktu operasioanl museum seni agung rai (ARMA) buka setiap hari, senin hingga minggu, mulai buka dari pukul 09.00 – 18.00 WITA.

11. Museum Pasifika

Selanjutnya di Daftar Museum di Bali yang sangat terkenal dan wajib kita kunjungi adalah Museum Pasifika, inilah salah satu museum di Kuta Bali yang populer dan menjadi destinasi favorit wisatawan. Alamat Museum Pasifika berlokasi di Jalan Nusa Dua, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tepatnya lokasinya berada di Complex Bali Tourism Development Corporation (BTDC) Area Block P, Nusa Dua Bali 80363. Jika anda sedang mencari Museum Baru di Bali, maka datang dan kunjungilah tempat wisata Museum Pasifika di Kuta Bali. Daya tarik utama wisata museum di Kuta ini adalah inilah museum yang memajang hasil karya seni dari seniman seluruh dunnia, khususnya kawasan Asia Pasifik.

Awalnya di tahun 2004 sebelum berfungsi sebagai museum, tempat ini adalah bernama Asia Pasific Centre. Kemudian di tahun 2006, dikarenakan jumlah koleksi seni yang ada di sini terus bertambah, maka barulah tempat ini pun berubah nama menjadi Museum Pasifika. Sebagian besar barang koleksi museum pasifika sifatnya adalah permanen, terdiri dari beragam karya seni lukis, patung dan benda seni lainnya. Museum ini sering dan rutin diselenggarakan berbagai acara atau event seperti Eksibisi, pameran dan pelatihan. Setiap pengunjung yang akan masuk ke dalam museum pasifika akan dikenakan biaya Rp.50.000/orang (Domestik) dan Rp.75.000/orang (Turis Asing). Waktu operasional Museum Pasifika di Kuta Bali ini adalah setiap hari, buka mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 18.00 WITA.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *