Loading...
Area LiburanBali Travel BlogTempat Wisata

Pasar Yang Sering Dikunjungi Wisatawan

Bali sendiri merupakan salah satu destinasi wisata nasional dan juga internasional dimana pasar tradisional yang ada di wilayah ini juga ikut mendukung adanya kegiatan pariwisata yang mampu dikemas secara baik oleh pemerintah setempat. Banyak turis mancanegara yang justru memilih mengunjungi pasar tradisional di Bali karena mungkin berwisata di pasar tradisional memang memiliki sensasi dan keunikan tersendiri.

Keberadaan pasar tradisional ini merupakan suatu tempat jual beli kontemporer yang mempertemukan penjual dan pembeli sehingga aktifitas perdagangan dapat terjadi. Pasar juga salah satu tempat dimana kita bisa berbelanja kebutuhan barang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Beberapa pasar juga menyediakan lokasi untuk berbelanja oleh – oleh khas suatu tempat dan juga tempat menemukan kuliner tradisional yang akan membuat kita ketagihan.

1. Pasar Seni Sukawati

Tak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Pulau Bali tanpa membeli oleh-oleh khas Pulau Dewata. Jika anda ingin membeli barang-barang seni khas Bali, maka wajib bagi anda untuk menyempatkan diri mengunjungi Pasar Sukawati. Pasar Seni Sukawati merupakan pasar tradisional di Bali yang sangat terkenal di kalangan turis lokal maupun turis internasional.

Sudah menjadi rahasia umum di seluruh pelosok dunia kalau Sukawati art market adalah surganya aneka macam souvenir dan kerajinan tangan yang super duper kece. Ingat film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Robert? Yup betul, salah satu tempat yang disorot dalam film tersebut adalah Pasar Seni Sukawati ini. Ada banyak benda yang dijual di pasar ini, mulai dari benda-benda seni, baju, topi, gelang, dan sebagainya. Pasar ini juga menyimpan aneka jajanan khas Bali yang siap dijadikan oleh-oleh. Harga yang ditawarkan memang tidak murah. Namun justru di situlah keahlian tawar menawar menjadi seru antara penjual dan pembelinya.

Berkat film tersebut, Sukawati menjadi salah satu daerah yang dianggap paling terkenal kerajinan tangannya. Wuih, hebat ya! Eits, tapi hati-hati banyak pembeli yang mengaku mendapatkan barang yang cukup mahal di pasar ini, ada juga yang mengaku pasar seni satu ini adalah pasar seni yang paling murah di Bali.

Sedikit saran, datanglah ke pasar Sukawati saat kisaran jam 08.00-10.00 WITA, setelah penjual-penjual selesai bersembahyang. Biasanya pada jam-jam ini harga yang ditawarkan akan semakin murah dan tentu saja yang berbelanja disini harus pandai-pandailah menawar ya.

  • Lokasi : Jalan Raya Sukawati No. 75X, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali
  • Jam buka : 08.00 sampai 17.00 WITA
  • Tlp Pengelola : +62361 944123

2. Pasar Kumbasari

Kumbasari Art Market ini berlokasi di jantung kota Denpasar ini membuatmu hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai menuju Kumbasari Art Market. Diantara banyaknya pasar tradisional di Bali, Pasar Kumbasari ini merupakan pasar tradisional yang terbesar di Bali. Bangunan megah yang terdiri dari 2 lantai yang memuat para pedagang beragam jenis dagangan ini memang salah satu pasar tradisional yang padat pengunjungnya. Harga barang seni yang ada di Pasar Kumbasari ini dikenal jauh lebih murah daripada pasar tradisional lainnya di Bali.

Barang dagangan yang dijual pun sangat banyak. Berbagai macam souvenir cantik, benda-benda kerajinan, patung, lukisan hingga periasan. Jika ingin membeli oleh-oleh di pasar ini juga bisa. Bahkan harga dari benda-benda seni yang biasa dijadikan oleh-oleh lebih murah dari pasar lainnya. Selain itu, untuk wisatawan yang ingin membeli makanan atau bahan makanan, juga bisa membelinya di sini. Kebutuhan pokok berupa belanjaan dapur juga bisa kita beli di tempat ini, karena memang Pasar Kumbasari pada awalnya merupakan pasar masyarakat lokal yang dalam perkembangannya banyak terdapat souvenir dan kerajinan seni yang dijual di tempat ini sebagai jawaban perkembangan jaman yang ada di Bali.

Eksistensi pasar ini juga terbilang sangat teruji karena pernah mengalami kebakaran hebat, namun pemerintah setempat membangun dan menatanya kembali hingga sekarang Pasar Kumbasari mampu menjadi pasar tradisional yang terbesar dan terluas yang ada di Bali. Kini jika anda mengunjungi Pasar Kumbasari, anda bisa juga menikmati sungai ekstektik yang dekat dengan pasar tersebut terutama saat malam hari sungai tersebut indah dengan pancaran lampu tidak kalah dengan sungai yang terkenal di korea.

  • Lokasi : Jalan Gajah Mada, Pemecutan, Denpasar Barat, Denpasar, Bali
  • Jam buka : 09.00 sampai 19.00 WITA
  • Tlp Pengelola : +62361 224361

3. Pasar Seni Ubud

Ubud tak hanya terkenal dengan keindahan pemandangan sawah dan landscapenya yang rupawan tetapi juga menjadi salah satu tempat ter-hitz bagi kaum wisatawan untuk mencari souvenir-souvenir yang cantik. Mau mencari kerajinan apa pun di sini ada dengan koleksi super lengkap. Soal harga? Pastinya murah dong guys asalkan kamu pandai-pandai menawar. Tak hanya itu, tempatnya yang instagramable sangat cocok untuk berfoto ria ala selebgram lho! Bagaimana menarik bukan?

Apalagi 2018 jadi tahunnya tas kerajinan rotan bersinar. Kalau kamu rajin perhatikan postingan para influencer dan Instagramer, tas bergaya folk ini pasti banyak berseliweran sampai akhirnya memunculkan tren fashion baru. Kalau kamu kebetulan lagi mampir ke Ubud, Bali, tas ini bisa kamu temukan di Pasar Seni Ubud.

Di pasar ini ada banyak benda seni yang dijual untuk oleh-oleh. Aneka patung, lukisan, baju souvenir, anyaman, tas, hingga jajanan pasar yang menjadi andalan pasar tradisional dalam menggaet turis untuk berkunjung ke tempat ini. Dengan berkembangnya kegiatan pariwisata di daerah Ubud Bali, eksistensi wisata etnik khas pasar tradisional juga menjadi sebuah paket wisata yang menarik bagi para turis.

ada paket wisata menuju ubud lho, anda bisa kebeberapa tempat salah satunya pasar seni ubud yuk cek di Tampaksiring-Ubud Tour

  • Lokasi : Jalan Raya Ubud No. 35, Ubud, Bali
  • Jam buka : 08.00 sampai 16.00 WITA
  • Tlp Pengelola : +62361 411283

4. Pasar Seni Kuta

Daerah Kuta yang terkenal dengan wisata alam pantai dan aktifitas ekonomi masyarakatnya, juga memiliki pasar tradisional yang juga mampu dijadikan destinasi wisata yaitu Pasar Seni Kuta. Biasanya sambil menunggu matahari tebenam di Pantai Terindah di Bali Kuta, wisatawan akan berkeliling di kawasan pasar seni Kuta untuk berbelanja atau sekadar jalan-jalan.

Pasar Seni Kuta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan diantara hinggar bingarnya kemajuan daerah Kuta yang memang sudah banyak dikenal oleh dunia pariwisata dan menjadi salah satu andalan pariwisata Bali.Walau di sekitar Pantai Kuta ada banyak toko-toko yang menjual benda-benda mahal, namun pasar tradisional Kuta tetap menarik perhatian wisatawan.

Ada banyak benda yang bisa dibeli di sana sebagai oleh-oleh. Seperti baju, patung, kesenian ukir, dan kesenian lainnya yang menarik. Souvenir-souvenir yang dijual pun cukup beragam. Soal kualitas barang-barangnya bisa dikatakan sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Nah jangan lupa pintar-pintar menawar ya.

  • Lokasi : Jalan Bakung Sari, Kuta, Kabupaten Badung,Bali
  • Jam buka : 08.00 sampai 22.00 WITA
  • Tlp Pengelola : +62361 9009410

5. Pasar Seni Guwang

Salah satu daerah di Gianyar yang cukup terkenal di kalangan souvenir hunters adalah Guwang Art Market yang berlokasi di kecamatan Sukawati. Guwang art market menjual berbagai jenis souvenir, pakaian, serta lukisan-lukisan yang harganya cukup murah dan terjangkau lho guys. Biasanya guwang art market ini menjadi pilihan kedua apabila kamu tak sempat mampir di sukawati art market.

Pasar Seni Guwang adalah salah satu pasar tradisional di Bali yang lokasinya berdekatan dengan Pasar Sukawati. Namun karena pamor yang lebih terkenal menjadikan Pasar Seni Guwang belum banyak terekspose dengan baik kepada dunia pariwisata. Dengan adanya Pasar Seni Guwang ini maka wisatawan bisa memiliki alternatif dimana wisatawan bisa membeli dan menikmati suasana yang sama seperti di Pasar Seni Sukawati lewat keberadaan Pasar Seni Guwang ini.

Pasar Seni Guwang menjual kerajinan seni di Bali mulai dari seni patung, souvenir, pakaian & aksesoris khas Bali, lukisan, kerajinan rajut, tas rotan, hingga hiasan rumah berpusat di kabupaten Gianyar. Lahan yang lebih luas menjadikan Pasar Seni Guwang ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Sungguh tak mengherankan apabila kota satu ini dijuluki sebagai kabupaten seni.

  • Lokasi : Guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam buka : 08.00 sampai 18.00 WITA
  • Tlp Pengelola : +62361 944123

6. Pasar Badung

Pasar Badung dikenal merupakan tempat belanja barang seni dan pakaian murah dan juga masyarakat lokal Bali menjadikannya sebagai tempat membeli perlengkapan upacara adat yang mereka lakukan di momen – momen tertentu. Pasar Badung ini juga bisa dikunjungi wisatawan yang ingin berbelanja di Bali. Pasar ini lebih cocok untuk Anda yang ingin berbelanja pakaian dan juga benda seni dengan harga murah.

Kualitas barang yang ada di Pasar Badung juga lebih tinggi. Namun walau demikian harganya terjangkau untuk oleh-oleh.Kualitas produk pakaian yang ada di Pasar Badung ini sangat berkualitas, selain menarik secara desain wisatawan dapat mendapatkan dengan harga yang terjangkau dimana kualitas bahan tidak perlu diragukan lagi. Kain songket khas masyarakat Bali juga dengan mudah ditemukan di pasar ini. Jadi kita bisa membeli kain lokal Bali dengan harga yang bisa ditawar.

  • Lokasi : Jalan Sulawesi No. 1, Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara, Denpasar, Bali
  • Jam buka : 06.00 sampai 24.00 WITA
  • Tlp Pengelola : +62361 224361

7. Pasar Sindu

Pasar Sindu merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat Bali. Pasar Sindu memiliki nama asli Pasar Ramah dan Segar. Pasar ini juga sering dijadikan masyarakat lokal untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Namun benda-benda yang dijual di sini lebih kepada bahan makanan dan kurang cocok untuk wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh.

Namun, keramahtamahan dan juga kualitas segar lingkungan pasar dan produk yang dijual menjadi andalan pasar ini. Kebersihan yang ada di Pasar Sindu ini memang menjadi daya tarik tersendiri dan juga mampu menjawab keraguan kualitas tempat pasar tradisional yang pada umumnya terlihat tidak begitu bersih.

Jadi di Pasar Sindu ini kita bisa berbelanja kebutuhan barang dengan nyaman karena faktor kebersihan yang sudah ditata oleh pengelola pasar dan pemerintah setempat. Pasar ini adalah pasar yang sangat bersih dan penataan setiap lapak penjual juga tertata dengan rapi.

  • Lokasi : Jalan Pasar Sindu No. 5, Sanur, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali
  • Jam buka : 06.00 sampai 22.00 WITA
  • Tlp Pengelola : +62361 224361

8. Pasar Seni Semarapura

Pasar seni ini berada di kawasan Klungkung Bali dan merupakan salah satu pasar yang sering dikunjungi wisatawan. Pasar ini memang merupakan pasar wisata yang banyak menjual kebutuhan oleh-oleh wisatawan.

Jika Anda mengunjungi tempat wisata di Klungkung Bali, maka pasar ini bisa menjadi alternatif belanja oleh-oleh. Wisatawan yang datang ke sini kebanyakan suka dengan kain tenun songket khas Bali. Namun harga benda-benda yang dijual di sini agak lebih mahal karena kebanyakan benda-benda itu diproduksi sendiri oleh penduduk lokal.

  • Lokasi: Jalan Puputan No. 7, Desa Semarapura Kangin, Klungkung, Bali

Ada beberapa pasar dengan berbagai ciri khas sehingga pasar tersebut dijadikan tujuan lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun wisatawan dari luar negeri. Pasar tradisional yang mampu memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya dan surganya kaum wisatawan. Kamu pernah berkunjungkah di salah satu pasar seni di atas?

Nah bagi anda yang tertarik berpergian ke pasar tradisional di Bali anda dapat memilih salah satu tempat diatas. Selamat jalan – jalan dan berbelanja di pasar tradisional di Bali.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *