Loading...
Lokasi FavoritTempat Wisata

Pura Ulun Danu Beratan – Pura Terapung Di Tepi Danau Beratan Bedugul Tabanan

Pulau Bali sebagai destinasi wisata populer di Indonesia, selain terkenal memiliki keindahan alam seperti pantai, danau serta sawah terasering, juga dikenal karena memiliki banyak objek wisata pura. Sebagian besar wisatawan asing, merasa liburan ke Bali belum lengkap jika belum mengunjungi salah satu tempat wisata pura yang ada di pulau Bali. Lokasi pura di Bali tersebar di seluruh wilayah. Ada pura yang berada didaerah pegunungan, tepi danau alami, daerah perbukitan, area pedesaaan, perkotaan dan ditepi pantai.

Seperti yang anda tahu, pulau Bali memiliki banyak pilihan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun ada beberapa tempat wisata di pulau Bali yang harus anda kunjungi, salah satunya adalah objek wisata Pura Ulun Danu Bratan yang berada di tepi danau Bratan Bedugul, Tabanan-Bali.

Ulun artinya tepi dalam bahasa Indonesia sedangkan Danu berarti danau. Jadi pura Ulun Danu artinya pura yang berada ditepi danau. Tepatnya berada di tepi danau Bratan Bedugul, yang berada di daerah dataran tinggi sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Karena berada didalam area dataran tinggi, membuat udara disekitar area pura sangat sejuk. Sekedar informasi, ada dua tempat wisata pura terkenal di Bali yang memiliki nama sama, yaitu Pura Ulun Danu, namun lokasinya berbeda.

  1. Pura Ulun Danu Batur lokasinya di tempat wisata Kintamani.
  2. Pura Ulun Danu Bratan lokasinya di area kawasan objek wisata Bedugul.

Sejarah Pura Ulun Danu Beratan

Sejarah pura Ulun Danu Bratan ini dapat diketahui berdasarkan data arkeologi dan data sejarah yang terdapat pada lontar babad Mengwi. Berdasarkan data arkeologi yang terdapat dan berlokasi pada halaman depan Pura Ulun Danu Bedugul ini adalah terdapat peninggalan benda-benda bersejarah seperti sebuah Sarkofagus batu dan papan batu yang diperkirakan telah ada sejak zaman megalitikum, sekitar 500 tahun sebelum Masehi.

Kedua artefak tersebut sampai sekarang diletakkan di halaman teras (babaturan) pura Ulun Danu. Dapat diperkirakan lokasi di Pura Ulun Danu Beratan ini telah digunakan sebagai tempat untuk mengadakan ritual sejak jaman tradisi megalitikum di Pulau Dewata.

Berdasarkan dari Babad MengwiI Gusti Agung Putu sebagai pendiri dari kerajaan Mengwi telah mendirikan pura yang berada di ujung danau Beratan sebelum beliau mendirikan pura Taman Ayun, tidak dijelaskan dalam lontar babad Mengwi kapan tepat nya beliau mendirikan Pura Ulun Danu Beratan, tetapi dijelaskan tentang pendirian pura Taman Ayun dan upacaranya pada hari Anggara Kliwon Medangsia, tahun Çaka 1556 (tahun 1634 setelah Masehi).

Berdasarkan dari deskripsi dari babad Mengwi tersebut diketahui Pura Ulun Danu Bratan didirikan sebelum tahun Saka 1556 oleh I Gusti Agung Putu. Pembangunan pura berfungsi atau ditujukan untuk pemujaan Tuhan Yang Maha Esa, dalam manifestasinya sebagai Tri Murti (Brahma, Wisnu dan Siwa) dan digunakan untuk upacara persembahan untuk dewi Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Danau Bratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi. Untuk memohon kesuburan lahan pertanian, kemakmuran masyarakat, kesejahteraan manusia dan kelestarian alam agar terhindar dari bencana.

Selain keunikan lokasi, bentuk arsitektur pura juga sangat unik dengan ciri khas arsitektur Bali. Tempat pemujaan dibangun dari kayu yang bentuknya seperti pagoda, dengan jumlah 11 tingkatan pada area atap bangunan. Keindahan arsitektur pura juga ditambah dengan keindahan latar belakang perbukitan, serta danau alami yang mengelilingi area pura. Sejak pendirian pura tersebut, kerajaan Mengwi menjadi tenteram dan sejahtera dan masyarakat pun menjuluki beliau “I Gusti Agung Sakti

Komplek Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 5 Pura dan satu buah Stupa Budha:

  1. Pura Penataran Agung

Pura Penataran Agung dapat dilihat ketika melewati Candi Bentar (Gerbang terpisah) menuju Beratan. Pura ini berfungsi untuk memuja kebesaran Tuhan dalam manifestasi-NYA sebagai Tri Purusha Siwa yaitu Siwa, Sada Siwa, dan Parama Siwa untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia, dan untuk keseimbangan alam semesta.

  1. Pura Dalem Purwa

Di dalam pura ini, terdapat 3 pelinggih utama yaitu Pelinggih Dalem Purwa sebagai tempat untuk memuja Dewi Durga dan Dewa Rudra yang dipuja sebagai sumber kemakmuran, Bale Murda Manik (Bale Pemaruman) sebagai tempat untuk parum/rapat/diskusi, dan Bale Panjang sebagai tempat untuk meletakkan sarana persembahan upacara. Pelinggih yang ada di pura ini menghadap ke arah timur yang terletak ditepi selatan Danau Beratan.

  1. Pura Taman Beji

Pura ini berfungsi untuk melakukan upacara Ngebejiang (ritual penyucian sarana upacara), dan untuk memohon Tirta (air suci). di Pura Taman Beji ini juga berfungsi sebagai tempat untuk Melasti (Upacara pembersihan dan penyucian oleh umat Hindu di Bali) bagi masyrakat sekitar dan penduduk setempat.

  1. Pura Lingga Petak

Pura ini sering disebut dengan Pura Ulun Danu Beratan, dan gambar pura ini juga terdapat pada lembaran uang kertas pecahan Rp. 50,000. Di dalam Pura Lingga Petak ini terdapat sebuah sumur suci dan keramat yang menyimpan Tirta Ulun Danu (Air Suci Ulun Danu). Selain daripada itu, di pura ini juga terdapat sebuah Lingga yang berwarna putih yang diapit oleh batu merah dan batu hitam.

Pura Lingga Petak (Pura Ulun Danu Bratan) dipercaya sebagai sumber utama air kesuburan dari Danau Beratan. Terdapat 2 pelinggih disini yaitu pelinggih yang memiliki atap/tumpang sebelas (Pelinggih Meru Tumpang Solas) menghadap ke arah selatan, dan pelinggih yang memiliki 3 tumpang/atap (Pelinggih Meru Tumpang Telu) yang masing-masing pintu nya menghadap ke empat penjuru arah mata angin.

  1. Pura Prajapati

Pura Prajapati terletak di bawah pohon beringin besar, pura ini berfungsi sebagai tempat berstananya Dewi Durga. Pelinggih ini menghadap ke arah barat dan menjadi pura yang pertama kali di lihat setelah melewati tempat pembelian tiket masuk sebelum masuk ke area danau Bratan.

  1. Stupa Budha

Di kawasan Pura Ulun Danu Bratan, juga terdapat sebuah Stupa Budha. Stupa ini menandakan keselarasan dalam kehidupan beragama. Stupa Budha ini menghadap ke arah selatan yang berlokasi diluar dari area utama dari komplek Pura Ulun Danu Beratan.

Alamat & Peta Lokasi

Pura Ulun Danu Beratan adalah ikon pariwisata Bali, selain patung Garuda Wisnu Kencana. Lokasi pura Ulun Danu Beratan berada di sisi barat Danau Bedugul. Alamatnya berada di jalan Raya Bedugul, Candi Kuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Apabila anda memulai perjalanan dari Kuta, maka akan memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di kawasan tempat wisata Bedugul Tabanan.

Namun akan lebih dekat untuk menuju lokasi pura di tepi danau Bedugul bila anda menginap dikawasan Ubud, Bali. Karena jarak tempat wisata Ubud menuju Bedugul kurang lebih 44 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh satu setengah jam. Akses menuju lokasi mirip seperti perjalanan dari Jakarta menuju ke puncak Bogor. Kontur jalan menanjak dan berkelok-kelok mengitari area perbukitan.

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Untuk tabel harga tiket masuk pura Ulun Danu Bratan Bedugul anda dapat lihat dibawah ini:

Kategori Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp 20.000 / 1 Dewasa.
Anak-anak Rp 15.000 / 1 Anak.
Parkir Motor Roda Dua Rp 2.000 / 1 Motor.
Parkir Mobil Roda Empat Rp 5.000 / 1 Mobil.
Parkir Bus Rp 10.000 / 1 Bus.

Jam Buka

Area kawasan objek wisata pura Ulun Danu di Bedugul untuk wisatawan buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Agar anda mendapatkan foto bagus, sebaiknya datang lebih awal, agar lebih sepi pengunjung. Menjelang pukul 10 pagi, sudah mulai banyak wisatawan berdatangan.

Bagi anda yang sedang membuat itinerary liburan ke Bali, pasti akan bertanya! Berapa lama waktu ideal untuk liburan di pura tepi danau Bedugul? Jawabannya sekitar 1-2 jam (tergantung berapa banyak waktu yang ingin Anda habiskan). Jika saya menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam. Jika Anda ingin menyewa perahu keliling danau, maka beri waktu ekstra dalam itinerary liburan.

Daya Tarik Pura Ulun Danu Bratan

Dari 10 objek wisata pura terkenal di pulau Bali, yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia adalah tempat wisata Pura Ulun Danu Bratan Bedugul Bali. Bagi anda yang belum pernah liburan ke Pura Ulun Danu Bratan Bedugul, pasti ingin tahu mengenai daya tarik Pura Ulun Danu Bratan sebagai destinasi wisata di Bali.

Lalu apa saja yang menarik dapat dilihat dan dilakukan saat mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan? Objek wisata pura Ulun Danu Bedugul sangat cocok untuk anda kunjungi jika anda menyukai keunikan arsitektur khas Bali, tata kebun dengan banyak jenis bunga, dan lingkungan alam yang masih alami. Pada saat anda tiba dipintu gerbang masuk tempat wisata Pura Ulun Danu Bratan Bedugul, anda sudah dapat melihat candi bentar, keunikan arsitektur pura, suasana asri, udara sejuk dan lingkungan bersih.

Selain itu, pada saat air danau Bratan naik, Pura Ulun Danu Bedugul terlihat seakan mengapung di atas permukaan air danau. Air danau Beratan sangat jernih dan tenang. Pada siang hari kabut tipis mulai terlihat turun menutupi permukaan danau Beratan dan area perbukitan. Jadi daya tarik utama adalah dua pura yang lokasinya ditepi danau dan terlihat terapung dipermukaan air danau Beratan. Foto dari dua pura yang terlihat mengambang ditengah danau Bratan pernah ada di mata uang Rp 50,000.

Kegiatan Liburan Disekitar Pura Ulun Danu Beratan

Kawasan tempat wisata Bedugul memiliki banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi. Namun ada dua tempat wisata di Bedugul yang populer, yaitu danau Beratan dan Kebun Raya Bedugul. Kedua tempat wisata di Bedugul tersebut menjadi favorit masyarakat lokal Bali untuk liburan akhir pekan.Kegiatan Liburan yang bisa dilakukan di sekitar Pura Ulun Danu Beratan adalah:

  • Berfoto Dengan Latar Belakang Pura Tepi Danau

Pengalaman saat liburan ke Pura Ulun Danu Bratan, saya melihat sebagian besar wisatawan setelah memasuki Candi Bentar (gerbang masuk pura) akan berjalan-jalan di area pura sambil mengambil foto. Setibanya anda ditepi danau, anda akan melihat pemandangan pura yang terlihat berada di atas permukaan air danau. Pemandangan paling indah dan unik yang dapat Anda lihat adalah kabut tipis yang turun dan menyelimuti permukaan danau.

Saking ramainya wisatawan yang liburan ke objek wisata pura di danau Bedugul, membuat kesusahan mengambil foto tanpa ada wisatawan lain dalam foto. Di area tepi danau juga tersedia banyak fotografer yang menawarkan jasa foto langsung jadi. Foto tercetak dengan ukuran foto 6R, harga perlembar foto Rp 15,000.

  • Aktivitas Watersport Danau Beratan

Selain berfoto dengan latar belakang pura, banyak pelancong juga mengikuti aktivitas watersport di area danau. Seperti, memancing, kayak, speedboat, dan berlayar dengan perahu angsa. Lalu dimanakah lokasi tempat penyewaan perahu di kawasan pura Ulun Danu Beratan? Disisi kanan lokasi pura, terdapat dermaga kecil tempat penyewaan perahu tradisional, speedboat, dan jenis perahu angsa.

Dengan menggunakan perahu, wisatawan dapat melihat pemandangan danau, arsitektur pura dari jarak dekat dengan perspektif atau sudut foto yang berbeda. Anda juga dapat menyewa perahu angsa yang biasanya disukai anak-anak. Namun anda perlu tahu, Danau Beratan Bedugul memiliki kedalaman air hingga 23 meter. Jadi harap berhati-hati saat menaiki perahu di tengah danau.

Jika Anda ingin berkeliling area Danau Bratan, Anda dapat menyewa speedboat. Berikut ini adalah harga sewa speedboat di danau Beratan. Selain itu, harga sewa speedboat di sekitar danau dapat berubah sewaktu-waktu. Jika bagi anda terlalu mahal, usahakan untuk menawar harga sewa. Kami akan selalu berusaha memperbarui harga sewa perahu di Danau Beratan.

  1. Harga sewa speedboat untuk tiga penumpang, Rp 100.000/1 putaran.
  2. Tarif rental speedboat dengan kapasitas 7 penumpang, Rp 185.000/1 putaran.
  • Pengalaman Naik Speedboat Di Danau Bratan

Aktivitas menaiki speedboat di Danau Beratan Bedugul tidak cocok untuk Anda jika Anda gampang mual. Selain itu, tidak ada lifejacket/jaket pelampung di speedboat, jadi sebaiknya Anda mahir dalam berenang.

Di tengah danau, pengemudi perahu akan melompat ke bagian depan perahu. Pengemudi motorboat akan mengambil foto Anda saat duduk di speedboat dengan kameranya. Anda juga dapat berfoto dengan memegang kemudi speedboat. Jika Anda mengizinkan, sopir speedboat akan mengambil foto Anda dengan kamera Anda.

Sopir speed boat juga mengijinkan anda untuk memilih foto. Setelah Anda memilih foto, sopir speedboat akan mencetak foto Anda dari printer foto yang dibawanya. Setiap foto yang tercetak akan dibingkai dengan biaya untuk setiap satu salinan cetak adalah Rp. 40.000.

  • Aktivitas Mancing

Setelah selesai keliling danau Bratan dengan speedboat, saya melanjutkan jalan-jalan kesisi kiri pura. Di area ini terdapat kebun bunga tertata rapi serta anak rusa yang berada dalam kandang. Beberapa wisatawan ada yang mencoba aktivitas memancing di sepanjang tepi danau, dan tersedia tempat untuk menyewa peralatan memancing.

Fasilitas Wisatawan

Sebagian besar tempat wisata terkenal di pulau Bali memiliki fasilitas pariwisata lengkap demi kenyamanan wisatawan. Di area kawasan objek wisata Pura Ulun Danu Beratan tersedia area parkir kendaraan yang sangat luas. Juga tersedia toilet umum dan kamar mandi juga tersedia. Berdekatan dengan area parkir, tepatnya dari gerbang keluar wisatawan terdapat banyak toko kecil yang menjual oleh-oleh khas Bali serta makanan dan minuman ringan. Untuk tempat makan tersedia terutama tempat makan yang berada diluar area tempat wisata. Jika anda liburan bersama anak-anak, terdapat area bermain anak dan tempat duduk disekitar area taman.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *