Loading...
Tempat Wisata

Tempat Wisata Andalan di Kota Bangli Yang Harus Di Kunjungi

Daya tarik pulau Bali tersebar hampir di semua wilayah kabupatennya, untuk itu jika anda memilih akomodasi di mana saja, maka anda akan mudah mengeksplorasi keindahan pulau Bali, apalagi pulau ini tergolong kecil. Salah satu hal menarik adalah objek atau tempat wisata di Kabupaten Bangli, satu-satunya Kabupaten yang tidak memiliki wilayah pantai ataupun pesisir, sehingga Bangli bisa menjadi destinasi tour selain wisata pantai di pulau Bali.

Walaupun wilayah Bangli, tidak memiliki pantai namun Bangli memiliki sebuah danau cantik dengan wilayah pegunungan berhawa sejuk serta sejumlah tempat wisata alam serta keunikan budaya dan tradisi, membuatnya menjadi agenda wajib kunjungan wisatawan saat berlibur di pulau Dewata. Bangli bisa menjadi tujuan liburan anda untuk menikmati keindahan alam di kawasan Bali Tengah. Berikut adalah tempat wisata populer di Kabupaten Bangli yang wajib anda kunjungi dan agendakan saat menyusun acara tour, beberapa diantaranya:

1. Objek Wisata Kintamani

Hampir setiap wisatawan yang datang dan liburan ke ke pulau Bali menjadikan destinasi wisata Kintamani sebagai tujuan tour wajib. Objek Wisata Kintamani di Bangli Bali salah satu objek wisata di Bali, yang memiliki udara pegunungan berhawa sejuk dengan panorama Gunung dan Danau Batur begitu indah. Waktu terbaik berkunjung ke sini adalah waktu siang hari, saat waktu makan siang, karena sepanjang jalan tersedia restaurant dengan menyajikan pemandangan lembah, gunung serta danau. Walaupun gunung tersebut tidak terlalu tinggi, namun gunung ini tergolong masih aktif, sempat beberapa kali meletus sampai letusan besar, saat itu terjadi pada tahun 1917. Objek Wisata Kintamani di Bangli Bali memiliki suhu udara cukup sejuk bahkan sangat dingin pada malam hari untuk wilayah Kintamani, tanahnya tergolong subur, pohon jeruk, kopi serta coklat bisa berkembang optimal, sehingga tidak mengherankan produksi jeruk paling tinngi adalah Kintamani. Kawasan ini pada musim-musim tertentu biasanya musim penghujan, akan disertai turunnya kabut.

2. Penelokan Kintamani

Penelokan Kintamani memiliki pemandangan yang sangat menarik merupakan wilayah Kecamatan Kintamani yang terletak di bagian Utara Bangli. Penelokan adalah tempat yang terbaik untuk melihat pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Letaknya kira-kira 1500 meter dari permukaan laut yangdari tahun ke tahun memiliki temperatur ± 22o C di siang hari, dan 16oC di malam hari. Banyak pengunjung baik domestik maupun internasional, memilih tempat ini untuk dapat menikmati udara pegunungan yang dingin dan segar. Tentunya hal ini sangat menyenangkan sambil menikmati pemandangan yang indah dengan lava hitam yang padat berasal dari letusan Gunung Batur pada tahun 1917 yang menghancurkan seluruh desa di sekitarnya. Keindahan kepundannya sunggu merupakan suatu lukisan yang indah. Disamping keindahan panoramanya, kita juga dapat melihat indahnya Danau Batur dengan airnya yang jernih bagaikan kristal dan di lereng pegunungan anda dapat melihat kuburan yang unik, serta Barong Brutuk dari Desa Trunyan, yang mana tidak bisa ditemukan di tepat lain di Bali.

3. Desa Penglipuran

Nuansa alami penuh kedamaian di Bangli makin terasa ketika kamu mengunjungi Desa Penglipuran. Pernah mendapatkan predikat sebagai desa terbaik dan terindah di Indonesia maupun dunia, desa ini merupakan desa adat yang berkembang menjadi desa wisata. Nama desa ini juga tidak asing bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Wajar saja ketika kamu berlibur ke Bali, kurang lengkap jika tidak mampir ke desa ini. Berada di Kelurahan Kubu, desa ini sangat menghargai sekali kebudayaan. Terbukti, desa ini pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru dan menjadi desa terbersih di dunia.

4. Desa Pinggan

Berburu sunrise tidak hanya ke pantai saja, tetapi juga di dataran tinggi pegunungan, atau bahkan mendaki ke puncak gunung seperti gunung Batur dan gunung Agung. Tetapi bagi anda yang ogah mendaki maka bisa bertandang desa Pinggan Kintamani, mobil anda bisa sampai ke lokasi tempat menyaksikan keindahan matahari terbit tersebut. Tour pada pagi hari ini memberikan suguhan yang penuh pesona, di atas bukit desa Pinggan anda bisa memilih spot yang terbaik untuk menyaksikan sunrise, dari kawasan tersebut anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit berpadu serasi dengan siluet gunung Batur Bangli, Gunung Agung di Karangasem dan juga gunung Abang, selain itu permadani kabut di atas desa Pinggan menjadi suguhan pagi yang spesial. Tempat wisata di desa Pinggan Bangli saat ini cukup populer untuk mengisi agenda liburan, terutama untuk paket sunrise tour di pulau Bali.

5. Desa Trunyan

Daya tarik dari desa Trunyan ini tidak berupa indahnya panorama alam seperti yang disuguhkan oleh desa Penelokan Kintamani, tetapi karena keunikan budaya dan tradisi, sebuah tradisi unik dalam pemakaman jasad orang meninggal, yang mana tidak dikubur (kecuali karena ketentuan tertentu) tetapi hanya ditaruh di atas tanah dengan hanya dikelilingi ancak saji dari bambu, agar tidak diganggu binatang liar. Namun anehnya lagi, mayat yang sudah membusuk tidak mengeluarkan bau sama sekali, hal ini dikaitkan dengan pohon besar Taru Menyan yang ada di lokasi pemakaman. Berkunjung ke desa Trunyan Bangli yang juga merupakan desa Bali Age (penduduk asli Bali) hanya dengan perahu untuk melintasi danau Batur dari dermaga desa Toya Bungkah atau Kedisan. Untuk tour dan berkunjung ke pemakaman desa Trunyan, maka anda perlu sewa perahu baik itu dari dermaga desa Trunyan ataupun dari desa Kedisan.

6. Danau Batur

Dengan latar belakang Gunung Batur, menikmati nuansa alam di sekitar Danau Batur sangatlah menyegarkan pikiran. Terlebih danau yang terbentuk akibat letusan gunung ini, memiliki keunikan tersendiri. Kadang-kadang warna air danau dapat berubah akibat adanya kandungan belerang. Selain menikmati pesona cantik danau, banyak wisatawan memanfaatkan lokasi ini untuk mengabadikan momen foto prewedding hingga menikmati sunset. Lokasi danau ini berada di Kecamatan Kintamani. Jadi buat kamu yang sedang jalan-jalan atau melakukan pendakian ke Gunung Batur, tidak ada salahnya mampir ke Danau Batur.

7. Air Panas Toya Bungkah

Gak kalah menarik dengan dua destinasi sebelumnya, di Air Panas Toya Bungkah ini kamu bisa memanjakan badan dan mata. Karena pemandian di sini airnya panas secara alami. Kamu juga bisa melihat secara langsung Gunung dan Danau Batur dari jarak dekat. Tempat ini pas banget buat kamu yang sedang membutuhkan ketenangan. Suhu air panasnya berkisar antara 38-39 derajat celcius. Lokasinya ada di Desa Pekraman Batur. Tiket masuk ke kawasan ini cukup terjangkau juga lho. Hanya membayar Rp50 ribu, kamu sudah bisa sepuasnya berendam di pemandian ini.

8. Anjungan Tukad Melangit

Objek wisata di Bangli ini terletak di dusun Antugan, Desa Jehem, Kec. Tembuku. Di kawasan ini ada dua buah anjungan terletak di atas tebing yang menyuguhkan pemandangan lembah dan bukit, alam hijau terpampang menambah pesona alam di sini, sehingga tidak mengherankan tempat wisata baru di Bangli ini memang sangat diminati oleh mereka yang hobi hunting foto dan tentunya sangat ideal untuk foto selfie, sebuah tempat instagramable yang pantas anda kunjungi ketika anda mengagendakan tour searah menuju kawasan wisata di Bangli. Di kawasan Anjungan Tukad Melangit ada sebuah bangunan panggung dari kayu serta gazebo yang bisa juga menjadi tempat bersantai, termasuk juga sejumlah spot lainnya untuk foto selfie.

9. Gunung Batur

Walaupun bukan gunung tertinggi di Bali dan hanya memiliki ketinggian 1.717 mdpl, namun puncaknya selalu menjadi tujuan wisata wajib bagi pecinta alam petualangan, apalagi bagi pemula mendaki Gunung Batur di Bangli ini menjadi hal menarik, lebih mudah untuk dijangkau dibandingkan Gunung Agung. Start pendakian dari desa Toya Bungkah yang berada di tepi danau Batur. Gunung ini memiliki 3 buah kerucut, merupakan salah satu gunung dengan kaldera terluas di dunia yang terbentuk karena letusan dahsyat pada ribuan tahun yang lalu. Gunung ini tergolong masih aktif, walaupun demikian masih dalam zona aman jika anda melakukan pendakian. Gunung Batur Bangli menjadi tujuan wisata populer bagi para pendaki, untuk menghindari tersesat sepanjang perjalanan guide lokal selalu tersedia menemani anda, waktu terbaik adalah mendaki saat pagi hari, saat sang surya muncul di ufuk Timur diharapkan sudah sampai di puncak gunung dengan waktu tempuh normal 2 jam perjalanan mendaki.

10. Gunung Abang

Gunung Abang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Objek Wisata Gunung Abang di Kintamani Bangli Bali merupakan gunung yang berada satu lokasi dengan Gunung Batur, posisinya pun berhadap-hadapan dengan Gunung Batur. Gunung Abang memiliki ketinggian 2.252 meter di atas permukaan laut. Track awal dari pendakian agak menanjak, tetapi setelah berjalan 15 menit jalan yang di lalui agak datar. Perjalanan yang akan di lalui penuh dengan abu sisa kebakaran hutan. Dari sana ternyata puncaknya masih cukup jauh. Hutan yang gelap dan pohon yang besar saat memasuki hutan dalam kondisi Gelap. Selain itu tanah pijakannya sedikit gembur dan berdebu sehingga meneyebabkan mudah terpeleset. Kondisi jalannya pun lumayan miring. Sehingga dengan menggunakan sepatu kat biasa untuk diam berdiri itu sangat sulit dan dipastikan akan terpeleset.

11. Air Terjun Singsing

Kota Bangli juga terkenal akan Objek Wisata Air terjun Singsing di Bangli Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek Wisata Air terjun Singsing di Bangli Bali ini menghadirkan pesona yang akan membuat siapa saja pengunjung yang datang kemari akan merasa sangat nyaman dan tersihir. Wisata Air Terjun Singsing Bali juga termasuk salah satu tempat wisata di Bali yang anti mainstream. Wisata air terjun ini memang sepi dan sangat pas untuk mencari ketenangan. Apalagi suasana di tempat wisata Air Terjun Singsing ini juga sangat mendukung untuk mencari ketenangan. Wisata Air Terjun Singsing sendiri terdiri atas dua tingkatan. Kedua air terjun ini juga sebenarnya tidak terlalu tinggi. Hanya saja berada sekitar 16 meter. Jarak dari air terjun pertama menuju air terjun kedua sekitar 100 meter. Agar Anda bisa sampai di lokasi wisata Air Terjun Singsing, nantinya Anda perlu melewati jalan setapak kurang lebih sekitar 600 meter. Dan perjalanan Anda akan lebih menyenangkan lagi karena pemandangan alam yang hijau dan asri akan menjadi teman Anda.

12. Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana atau disebut juga Tibumana Waterfall merupakab sebuah objek wisata yang masih sangat asri, alamnya pun masih sejuk dan hijau. Objek wisata ini mempunyai keunikan yang sangat berbeda dari air terjun lainnya. Orang-orang juga menyebutnya air terjun kembar. Itu karena ada dua air terjun yang mengalir secara berdampingan. Jika dilihat aliran airnya memang mirip, jadi pantas saja air terjun ini disebut air terjun kembar. Tetapi kadang-kadang salah satu air terjunnya berhenti mengalir. Kadang juga yang satunya deras, sedangkan satunya lagi tidak begitu deras. Debit air terjun ini tidak menentu, dan akan lebih deras lagi saat musim hujan. Disana juga banyak pepohonan hijau yang tumbuh subur dan menempel pada dinding-dinding tebing. Dan di belakang air terjun juga terdapat goa. Goa yang berada di belakang air terjun itu dipercaya warga sebagai jalan pintas menuju Pura Goa Raja Besakih. Namun itu semua hanyalah sebatas keyakinan. Tidak ada satupun warga yang berani memasuki goa tersebut. Goanya sangat gelap dan sempit, warna air terlihat biru tua, itu menandakan bahwa lubang di bawah air terjun sangat dalam. Karena itu, Anda tidak diperbolehkan untuk mandi sembarangan di sini. Selain itu tempat ini juga dipercaya sebagai tempat pesiraman niskala. Demi menghormati kepercayaan itu, kini pengunjung tidak diperkenankan mandi lagi.

13. Air Terjun Tukad Cepung

Selain wilayah Bali Utara, maka kawasan Bangli juga menyuguhkan pemandangan wisata alam air terjun salah satunya adalah Air terjun Tukad Cepung, objek wisata di Bangli ini memang cukup spesial karena letaknya yang unik, bagi mereka yang punya hobi photographer maka tempat ini akan menjadi tujuan hunting foto yang ideal. Sebuah air terjun yang berada diantara bebatuan tebing, seolah masuk ke dalam sebuah goa, kemudian di sambut dengan pemandangan air terjun, cahaya matahari yang masuk dari atas memberikan efek siluet yang menyuguhkan perpaduan warna keren saat mengambil gambar, sehingga tidak mengherankan destinasi wisata air terjun di Bangli ini menjadi tempat dan tujuan tour yang hits dan populer di wilayah Bali tengah. Keindahan air terjun Tukad Cepung ini bukan karena ketinggiannya, tetapi lokasinya karena diapit tebing cantik. Jika anda berencana liburan ke Bali, agendakan juga tour anda ke tempat wisata ini.

14. Air Terjun Dusun Kuning

Seperti namanya berada di dusun Kuning, desa Taman Bali, Kecamatan Bangli. Tinggi air terjun ini sekitar 25 meter. Alamnya yang tenang dan asri dengan pemandangan tebing serta tanaman tropis di sekitarnya berpadu indah. Airnya jernih bersumber dari mata air pegunungan, bahkan di lokasi bisa ditemukan puluhan kera terlihat bercanda dan bergelantungan, menandakan tempat ini jauh dari keramaian. Destinasi wisata air terjun dusun Kuning ini berhawa sejuk, tenang dan jauh dari keramaian apalagi polusi udara, sehingga bisa menjadi tempat ideal untuk menemukan ketenangan dan memberikan kesegaran tubuh dan pikiran. Panorama alam ini tentu menjadi pilihan yang berbeda setelah anda jenuh menyaksikan pantai, wilayah pegunungan yang masih sepi pengunjung menjadi tujuan wisata tour yang cukup menarik.

15. Museum Vulkanologi Bali

Kota Bangli juga terkenal akan Objek Wisata Museum Vulkanologi Kintamani di Kintamani Bangli Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek Wisata Museum Vulkanologi Kintamani di Kintamani Bangli Bali ini terletak di Taman Wisata Alam Penelokan, yang memiliki lahan seluas 1,09 hektar. Di museum Vulkanologi Kintamani anda bisa belajar dan sekaligus berwisata. Di dalam museum, terdapat aneka jenis batuan yang berasal dari gunung berapi serta penjelasannya. Lalu juga terdapat beberapa peralatan yang digunakan ilmuwan untuk meneliti gunung berapi. Serta foto-foto Gunung Batur dan beberapa gunung berapi yang ada di Indonesia serta penjelasannya. Selain itu, mitologi yang bersangkutan dengan Gunung Batur, juga dijelaskan di museum ini. Segala hal yang berhubungan dengan gunung berapi, dapat Anda lihat dan pelajari di Museum Gunung Api Batur. Uniknya, di museum ini Anda dapat menyaksikan film dokumenter tentang perkembangan Gunung Batur dan sejarah-sejarah letusannya yang dahsyat.

16. Stone Garden And Animal Park / Twin Hill

Tempat wisata terbaru di kabupaten Bangli ini, adalah hasil kreatifitas warga dengan membuat anjungan untuk foto selfie dengan latar belakang alam instagramable. Stone Garden and Animal Park awalnya di kawasan ini terdapat tempat wisata bernama Twin Hill Bangli. Lokasi tempat wisata ini di dusun Gulian, Desa Bunutin, Kab. Bangli. Nama Twin Hill sendiri berasal dari nama bukit kembar yaitu Bukit Batu Madeg dan Bukit Jati, agar lebih trend dan kekinian maka dinamakan Twin Hill. Dari anjungan berbentuk perahu di Twin Hill Bangli anda bisa menyaksikan keindahan petak-petak sawah yang terhampar luas, tempat ini bisa menjadi tujuan tour di Bali selanjutnya. Kemudian kawasan tempat wisata ini ditata lagi dengan memanfaatkan lahan tempat tambang batu padas yang terbengkalai dan sekarang nama Twin Hill berubah menjadi Stone Garden and Animal Park, berbagai suguhan menarik bisa anda temukan di tempat wisata Stone Garden ini.

17. Njung Bali Camp Songan

Anda yang punya hobi kemah atau camping, maka di desa Songan, Kintamani, Bangli ini disediakan tempatnya, namanya N’jung Bali Camp letaknya di pinggir danau Batur, tempat ini tergolong masih baru, dibuka pada awal tahun 2017. Di Njung Bali Camp Songan memang memberikan fasilitas yang berbeda, tempat perkemahan tersebut di desain cantik dengan taman-taman indah yang menawan, begitu juga sejumlah spot untuk foto selfie juga disediakan, sehingga menjadikannya sebagai tempat bersantai dan rekreasi yang menawan, apalagi suguhan keindahan objek wisata danau Batur anda bisa nikmati dengan leluasa dari Njung Bali Camp Songan. Bosan dengan tour berkeliling pulau, saatnya merasakan liburan dengan bermalam di alam terbuka.

18. Pura Tirta Sudamala

Jika di Gianyar ada Pura Tirta Empul Tampak Siring yang memiliki kolam pemandian suci, di Bangli pun punya. Yaitu Pura Tirta Sudamala. Pura di sini sering dikunjungi wisatawan untuk melakukan ritual pembersih aura negatif pada tubuh. Letaknya di Kelurahan Bebalang, air pancuran Pura Tirta Sudamala berasal dari sumber mata air di sebuah pohon bunut besar. Lokasinya yang masih hijau dan sejuk, membuat hatimu merasa damai jika mengunjungi tempat ini. Pura Tirta Sudamala memiliki sebelas pancuran. Karena lokasinya ada di pura, maka wajib bagi kamu untuk menggunakan pakaian sembahyang khas Bali ya. Seperti udeng (Ikat kepala), saput dan kamen khusus untuk cowok. Lalu untuk cewek harus mengenakan kebaya, kamen, dan selendang.

19. Pura Kehen Bangli

Pura Kehen di Bangli merupakan Sebuah bangunan suci bagi umat Hindu sekaligus menjadi bagian dari objek wisata di Bali. Pura Kahyangan Jagat ini memang memiliki keunikan, pada pintu masuk menggunakan candi kurung tidak candi bentar seperti pada umunya. Bale Kulkul yang dibangun dengan posisi bangunan lebih tinggi, di sini dibuat unik diletakkan di atas pohon beringin yang sudah berusia ratusan tahun. Ada cerita menarik mengenai keberadaan pohon beringin di Pura Kehen Bangli ini, apabila salah satu dahan patah maka diyakini sesuatu musibah akan terjadi, seperti kejadian-kejadian yang sudah pernah terjadi meninggalnya Raja Bangli, Pendeta dan juga beberapa orang di kalangan masyarakat. Sehingga masyarakat memandangnya sebagai sesuatu yang unik, religius dan mistis, ini diyakini turun temurun sampai sekarang. Objek Wisata Pura Kehen Bangli di Cempaga Bangli Bali ini terlihat begitu asri dengan suasana sejuk disekitarnya. Piodalan atau pujawali yang dilaksanakan di Pura Kehen, setiap 6 bulan sekali kalender Hindu, tepatnya pada Hari Raya Pagerwesi, dan tingkatan yang lebih besar dinamakan Ngusaba Dewa dilaksankan setiap tiga tahun sekali.

20. Pura Puncak Penulisan

Objek Wisata Pura Puncak Penulisan di Kintamani Bangli Bali merupakan pura tertua di dataran pulau dewata, yang ada sejak jaman megalitikum, pura ini disebutkan sebagai pura orang Bali Asli/ Mula/ Age. Pura Puncak Penulisan disebut juga Pura Tegeh Koripan (kehidupanyang tinggi dan teguh) ada yang menyebutkan juga pura Pamojan (panahraja), disebut sebagai pura Ukir padelengan yang diartikan bukit tempat memandang Pada jaman dahulu. Pada jamannya tempat ini dijadikan sebagai tempat menjalankan yoga semadi para raja. Disana tentu memiliki hawa yang dingin dan sejuk, dengan rerimbunan pohon hijau dari hutan lindung disekitarnya. Warga sering juga menyebutnya sebagai pura Puncak Sukawana. Jika anda suka wisata spiritual anda bisa berkunjung ke sini dan menemukan berbagi peninggalan bangunan kuno. Sesuai dengan pura penduduk asli ini, tidak memiliki bentuk bangunan seperti gedong, meru dan sanggaran.

21. Pura Dalem Jawa (Langgar)

Objek Wisata Pura Dalem Jawa (Langgar) di Bunutin Bangli Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Objek Wisata Pura Dalem Jawa (Langgar) di Bunutin Bangli Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Bangli tidak mengunjungi Objek Wisata Pura Dalem Jawa (Langgar) di Bunutin Bangli Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Objek Wisata Pura Dalem Jawa (Langgar) di Bunutin Bangli Bali sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Objek Wisata Pura Dalem Jawa (Langgar) di Bunutin Bangli Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Pura Dalem Jawa (Langgar) di kota Bangli.

22. Resto Apung Kintamani

Objek Wisata Resto Apung di Kintamani Bangli Bali ini berada di bibir Danau Beratan, dan berada di sebelahnya pelabuhan Desa Kedisan. Untuk itu bisa dipastikan bahwa pemandangan alam dan sajiannya sangat memikat siapapun yang datang berkunjung. Ketika Anda duduk di meja makannya, maka hamparan danau luas tepat berada di depan kita. Selain itu, nun jauh diseberang sana tampak berdiri dengan gagahnya Gunung Batur dan Gunung Abang yang menjadi background restoran ini. Udara disekitar restoran ini begitu sejuk. Anda yang berada disini seolah berada dibawah atap langit yang berwarna biru dan berawan putih yang memesona. Tak hanya restoran saja yang disediakan disini, namun juga terdapat Bungalow bagi pengunjung yang masih betah selepas makan dan malah ingin menginap. Harga permalamnya mulai dari Rp 450.000. Sebuah harga yang sepadan jika dilihat dari segi keindahan yang ada serta pelayanannya yang prima.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *