Loading...
Tempat Wisata

Tempat Wisata Di Karangasem Bali Yang Mengesankan Dan Tidak Boleh Dilewatkan

Bali bukan hanya identik dengan Denpasar, Badung dan Singaraja saja, lho! Masih ada sejumlah kabupaten lain yang keindahan alamnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata, termasuk di antaranya Kabupaten Karangasem. Kabupaten dari Provinsi Bali yang berada di sisi paling timur Pulau Dewata ini menyimpan segudang potensi alam yang tiada duanya. Kabupaten dengan luas wilayah 839,5 kilometer persegi tersebut juga memiliki daya tarik budaya yang tidak kalah. Tidak salah jika tidak sedikit wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjungi sejumlah tempat wisata di Karangasem.

Namun demikian, pamor tempat wisata di Karangasem tidak sepopuler yang ada di Badung, Tabanan dan Kota Denpasar. Padahal, keindahan alamnya memiliki peran besar menjadikan Pulau Bali begitu dikenal di dunia pariwisata internasional. Bagi kamu yang tertarik mendapatkan pengalaman baru berwisata di Bali, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menjelajahi tempat wisata di Karangasem, yang jaraknya juga tidak begitu jauh dari Denpasar, sekitar dua jam perjalanan darat. Dijamin, kamu akan mendapatkan kesan yang tidak terlupakan akan tempat wisata di Karangasem, Bali ini!

1. Tirta Gangga

Taman berkonsep istana air menjadi suguhan utama di Tirta Gangga. View-nya yang keren dan Instagrammable membuat tidak sedikit wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke salah satu tempat wisata di Karangasem yang ngehits ini. Kamu bisa menemukan beragam spot kece, mulai dari air mancur yang cantik, kolam yang instagenik hingga latar belakang Gunung Agung yang ciamik untuk dijadikan latar berfoto. Tidak hanya untuk menenangkan pikiran lewat pemandangannya yang aduhai, kamu juga bisa mendinginkan badan dengan berenang di sini.

Lokasi: Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali

Tiket: 5,000 IDR per orang

2. Pura Lempuyang Luhur

Tidak bisa dimungkiri, Pura Lempuyang Luhur menjadi salah satu tempat wisata di Karangasem yang paling ngehits. Bagaimana tidak, pura ini memiliki pesona yang tiada bandingannya. Pura ini menjadi salah satu pura tertua di Bali Timur dan berlokasi di lereng Gunung Suci Lempuyang. Dari puncaknya, kamu akan mendapati pesona alam yang keren abis. Tidak sedikit juga yang menyebut pura ini sebagai Gate to Heaven. Meski menarik untuk dijadikan spot berfoto, kamu tetap harus menjaga sikap bila berkunjung karena bagaimanapun juga, pura ini merupakan tempat beribadah umat Hindu.

Lokasi: Bunutan, Abang, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

3. Taman Sukasada, Istana Air Taman Ujung

Selain Tirta Gangga, Kerajaan Karangasem juga meninggalkan istana air lain yang tidak kalah mengesankan, Taman Sukasada, atau yang lebih dikenal dengan Istana Air Taman Ujung. Perpaduan arsitektur khas Bali dan gaya Eropa membuat istana air ini cukup mencuri perhatian. Belum lagi latar Gunung Agung di sisi barat yang menambah eksotisme tempat ini. Bangunan istana yang tidak lagi utuh membuat istana air ini juga menjadi Instagrammable, pas untuk dijadikan aktivitas berselfie kamu.

Lokasi: Desa Ujung, Jl. Raya Taman, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: 15,000 IDR untuk wisatawan lokal, 50,000 IDR untuk wisatawan asing

4. Bukit Asah Bugbug

Tidak ada hal yang paling mengesankan ketimbang liburan ke surga tersembunyi di Bali, seperti di Bukit Asah Bugbug. Tempat wisata di Karangasem ini menjadi salah satu spot paling Instagrammable di Bali dengan pemandangan perbukitan, tebing dan laut yang keren. Spot terbaik untuk menikmati semua itu adalah di puncak Bukit Asah itu sendiri. Akses untuk sampai ke lokasi juga tidak cukup sulit. Namun demikian, masih sedikit wisatawan yang datang menikmati pesona alam di spot ini. Apakah kamu yang berikutnya?

Lokasi: Desa Adat Bugbug, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

5. Chocolate Factory (Charlie Chocolate Factory)

 

Salah satu spot paling terkenal di Instagram ini memang menyuguhkan panorama yang indah. Namun ayunan di antara pohon kelapa itulah yang kemudian menjadikan spot, yang juga terkenal dengan nama Charlie Chocolate Factory ini, begitu fenomenal. Bagi si kecil, selain berayun dan bermain di pantai dan di antara pepohonan kelapa, tentunya mereka akan tertarik dengan kelas memasak olahan cokelat yang ditawarkan. Tempat wisata di Karangasem ini juga menjadi spot yang asyik untuk bersantai. Bayangkan, menikmati cokelat di pantai yang asri, asyik banget, kan?

Lokasi: Jalan Raya Pantai Jasri Kauhan, Jasri, Karangasem, Bali

6. Pantai Pasir Putih

Pasir Putih adalah salah satu pantai terindah di Bali. Terletak cukup jauh di sebuah desa bernama Perasi, Anda perlu menyetir selama 90 menit dari dari Denpasar untuk sampai ke tempat ini. Pemandangannya sungguh indah, bisa dinikmati sejak dari atas bebatuan yang terjal dalam perjalanan menuju ke sana. Pastinya bakal menyenangkan berkunjung ke tempat yang belum banyak diketahui orang lain! Pantainya masih bersih, nampak tak terjamah, namun Anda tetap dapat menemukan beberapa warung kecil di sisi pantai bila ingin membeli makanan atau minuman dingin. Karena lokasinya yang cukup terpencil, Anda tak perlu khawatir pantai ini dipenuhi turis seperti pantai lainnya di Bali. Anda bisa berendam di laut kapan saja, atau menyewa dipan untuk berjemur sambil menikmati makanan dari warung yang ada di sana.

Lokasi : Jalan Utama di Perasi, Karangasem, Bali

Tiket: Gratis

7. Pantai Tulamben

Menikmati keindahan alam bawah air tanpa merogoh kocek dalam-dalam? Bisa. Dengan membawa peralatan snorkel pribadi, kamu bisa snorkeling di Tulamben, Karangasem dan nikmati keindahannya tanpa harus berenang jauh dari pantai. Pantai Tulamben memiliki biota laut yang indah dengan terumbu karang yang memesona. Kamu juga bisa melihat bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam pada 1963. Dijamin, penggila snorkeling dan diving tidak akan menyesal memaksimalkan hobinya di sini!

Lokasi: Tulamben, Kubu, Tulamben, Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali

8. Pantai Bias Tugel

Siapa menyangka ada pantai indah berada di dekat pelabuhan Padang Bai. Pantai itu dinamai Pantai Bias Tugel. Lokasinya masih tersembunyi. Untuk bisa sampai ke lokasi, kamu juga harus melakukan sedikit tracking sebelum menemukan pantai berpasir putih dengan panorama laut yang biru dan membentang luas. Selain berenang dan berjemur, kamu juga bisa snorkeling di pantai ini. Meski lokasinya yang tersembunyi, ada warga yang menyewakan peralatan snorkeling, mulai dari masker hingga pelampung. Asyik banget, lho!

Lokasi: Padangbai, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: 5,000 IDR per orang

9. Pantai Amed

Selain Pantai Tulamben, Pantai Amed juga menjadi destinasi wisata yang tepat bagi penggemar snorkeling dan scuba diving. Pantainya sendiri cukup asyik untuk dijadikan spot bersantai. Saat pagi hari, kamu bisa menikmati sunrise yang keren. Airnya yang jernih dengan ombak yang tenang semakin memanjakan kamu untuk bermain air di sini. Pantai Amed paling pas untuk dijadikan spot diving dan snorkeling. Pemandangan bawah lautnya masuk dalam kategori keren dan luar biasa. Visibiltas di dalam air juga sangat baik, pas untuk menikmati panorama bawah air.

Lokasi: Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

10. Gili Tepekong / Bali Bubbles

Bisa dicapai dengan 30 menit naik kapal, Gili Tepekong adalah salah satu tempat populer untuk snorkeling di Bali. Sebagai salah satu dari 3 pulau kecil dekat Bali, Gili Tepekong terkenal akan terumbu karang yang indah dan ikan-ikannya yang berwarna warni. Anda akan dibawa dengan sebuah perahu ke spot snorkeling. Sampai sana, Anda bebas berenang di antara sekelompok ikan. Dan kalau beruntung, Anda bisa juga menjumpai kura-kura! Kalau sudah lelah ber-snorkeling ria, Anda bisa naik ke permukaan, membalikkan badan dan biarkan tubuh mengapung sambil terombang-ambing mengikuti riak air. Bila masih ada waktu, pergilah ke Gili Biaha untuk menyelam di gua bersama ikan-ikan hiu (hanya cocok bagi mereka yang menyukai tantangan!) Menghabiskan hari dengan snorkeling di tengah air yang jernih tentu saja pilihan yang tepat. Karenanya pastikan segera melakukan reservasi untuk petualangan bawah laut ini begitu tiba di Candidasa.

Lokasi: Jalan Raya Candidasa, Candidasa, Bali 80871
Harga: Mulai Rp850.000,-

11. Submarine Odyssey

Bagaimana caranya Anda dapat mengarungi lautan tanpa berbasah-basahan? Tentu saja dengan naik kapal selam! Pengalaman ‘menyelam’ bersama Submarine Odyssey ini sangat aman sekaligus nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Dari Teluk Amuk di Desa Amuk, sekitar 6 km dari Candidasa, pengunjung akan dibawa ke kapal selam dengan perahu kecil. Tur bawa laut ini memakan waktu 45 menit, dan Anda akan dibawa begitu dekat dengan segerombolan ikan-ikan di bawah laut, menyaksikan para penyelam beraksi, dan juga melihatn bagaimana sang nakhoda mengemudikan kapal selam ini. Alat transportasi yang sangat unik! Uniknya, perjalanan dengan kapal selam ini bisa dinikmati baik oleh penyelam profesional maupun oleh mereka yang awam. Bayangkan betapa asyiknya menghabiskan waktu bersama seluruh keluarga di dalam laut. Setelah mengikuti tur ini, Anda mungkin langsung bercita-cita ingin menjadi seorang penyelam. Baca selengkapnya Odyssey Submarine

Lokasi: Jl. Raya Kuta NO 9X Kuta Bali 80361
Harga: Rp800.000,- (dewasa) | Rp590.000,- (anak usia 5-12 tahun)

12. Air Terjun Yeh Labuh

Bisa membayangkan tempat wisata yang eksotik, tersembunyi dari publik dan masih banyak belum disentuh peradaban? Di air terjun Yeh Labuh, kamu akan mendapati nuansa tersebut. Alamnya masih alami, akses ke tempat wisata di Karangasem ini juga masih sulit. Namun, kamu akan disuguhi pesona air terjun yang menarik dengan debit air yang cukup deras. Bagi yang ingin menjauh dari keramaian dan menikmati nuansa alam yang natural, air terjun Yeh Labuh bisa menjadi destinasi yang tepat dituju.

Lokasi: Selumbung, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

13. Air Terjun Batu Angsel

Minim sekali publikasi mengenai tempat wisata di Karangasem ini, padahal kadar eksotisme sangat luar biasa. Bayangkan, air terjun yang mengalir di antara dua tebing batu yang menjulang, pemandangannya sangat apik. Memang tidak ada debit air yang besar yang mengalir dari puncak bukit, namun panorama yang ditawarkan sulit untuk digambarkan dengan jelas. Keberadaan batu yang ‘terselip’ di antara dua bukit, sedikit menghalangi pandangan yang mengarah langsung ke air terjun, menambah daya tarik tempat wisata yang masih perawan ini.

Lokasi: Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

14. Lotus Lagoon

Tempat wisata di Bali yang satu ini bisa dikatakan tidak biasa, namun level kerennya tetap berkualitas Bali. Ya, Lotus Lagoon Candidasa menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi karena keunikan adanya ratusan, bahkan ribuan bunga teratai di kolamnya. Dominasi warna merah muda dan fuchsia yang khas membuat siapapun yang bersantai di sini akan mendapatkan suasana yang nyaman dan tenang. Kolam yang luas dan penuh dengan bunga teratai juga memberikan sensasi tersendiri untuk menenangkan hati. Panorama alam yang juga keren menambah daya tarik tersendiri dari taman bunga ini. Pecinta swafoto pastinya tidak boleh melewatkan momentum berselfie, atau wefie di tempat yang sangat Instagrammable ini, lho!

Lokasi: Jl. Raya Candidasa, Sengkidu, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

15. Padang Bunga Kasna

Taman bunga di Bali terbukti memiliki keunikannya sendiri, tidak terkecuali Padang Bunga Kasna. Berlokasi di Karangasem, Bali, padang bunga ini menjadi hits di kalangan Instagrammer karena pemandangan menarik yang ditawarkan. Padang bunga berwarna putih, terhampar di lahan yang cukup luas, dengan background warna hijau dari pepohonan yang ada, kamu bakal kesulitan untuk tidak mengambil setiap momen keren dengan kamera kamu. Meski hanya merupakan bunga liar, nuansa, atmosfer serta panorama yang ditawarkan begitu menyejukkan. Belum lagi pesona alam sekitar yang tidak kalah keren. Namun, untuk bisa mendapatkan momen terbaik, kamu harus datang sebelum perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Bali. Soalnya, bunga kasna ini akan dipetik dan menjadi bagian sesaji upacara umat Hindu.

Lokasi: Pempatan, Rendang, Karangasem, Bali
Harga tiket: Gratis

16. Ladang Bunga Gumitir

Kalau menuju Kintamani dari Bedugul, atau sebaliknya, kamu akan menemukan ladang bunga Calendula di sisi jalan. Warnanya yang kuning keemasan, juga ladang yang tersusun rapi dan pemandangan alam yang tidak kalah seru, seakan mengundang kamu mampir dan berswafoto.

Namun, tidak setiap saat kamu bisa mengunjungi ladang bunga ini. Ada waktu tertentu ketika bunga Calendula, atau biasa disebut Marigold, mekar dan bersemi indah, yaitu saat memasuki musim panas, sekitar Juni hingga Agustus. Tempat wisata di Bali ini sangat instagrammable dan yang lebih penting lagi, gratis untuk di kunjungi.

Lokasi: Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.
Tiket: Gratis

17. Rumah Pohon Bukit Lemped

Sebelum menuju ke Tirta Gangga, kamu akan mendapati sebuah rumah pohon yang unik yang terlihat dari kejauhan. Tidak ada salahnya mampir ke tempat wisata di Karangasem, yang bisa dikatakan baru ini. Adalah I Wayan Putu Mudita yang menjadi penggagas rumah pohon ini. Di sebidang tanah di perbukitan yang ada, dia mengubah dan membentuk sejumlah spot menjadi lokasi foto yang Instagrammable. Wahana paling menantang adalah jembatan gantung menuju rumah pohon ini. Meski bergoyang dan terkesan tidak stabil, dari atas jembatan gantung ini kamu bisa menikmati alam Bali dan pemandangan Gunung Agung di sisi timur yang menarik.

Lokasi: Jl. Raya Tirta Gangga, Padang Kerta, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: 10,000 IDR untuk dewasa, 5,000 IDR untuk anak-anak

18. Rumah Bambu Pengalon

Proyek mangkrak ternyata bisa menyuguhkan pemandangan yang istimewa, lho! Buktinya ada di Candidasa, kala Anda mengunjungi Rumah Bambu Pengalon. Arsitektur yang unik, ditambah lanskap alam yang menarik, plus bambu sebagai bahan dasar pembuatan infrastruktur ini, menjadikan Rumah Bambu Pengalon, yang berada di dekat danau kecil nan biru, layak jadi jujukan utama kala bertandang ke Candidasa.

Lokasi: Br. Pengalon, Desa Antiga, Manggis, Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *