Loading...
Tempat Wisata

Tempat Wisata Di Klungkung, Pesona Alami Keindahan Bali Timur

Kabupaten Klungkung adalah kabupaten yang memiliki wilayah terkecil di pulau Bali. Ibukota dari kabupaten Klungkung bernama Semarapura. Kota kecil yang sangat tenang, bebas kemacetan, tidak ada polusi udara dan penduduknya ramah. Sebagian besar wisatawan lebih mengenal objek wisata Nusa Penida dan tempat wisata Nusa Lembongan, dari pada tempat wisata Klungkung. Padahal Nusa Penida dan Nusa Lembongan masuk dalam wilayah dari kabupaten Klungkung, walaupun daratan dipisahkan oleh lautan.

Jumlah Kecamatan di kabupaten Klungkung ada empat, yaitu:

  1. Kecamatan Klungkung.
  2. Kecamatan Banjarangkan.
  3. Kecamatan Dawan.
  4. Kecamatan Nusa Penida (melingkupi wilayah pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan).

Berikut ini adalah tempat wisata di daerah Klungkung yang menarik sebagai destinasi liburan di pulau Bali.

1. Air Terjun Tukad Unda

Keberadaan dam ini sudah sangat lama, namun sekarang menjadi lebih terkenal, karena berita berbagai media, termasuk juga sejumlah photographer menjadikannya sebagai objek menarik sehingga menghasilkan gambar-gambar spektakuler, debit airnya tidak pernah surut sepanjang musim, airnya jernih dan sering dipergunakan warga untuk mandi, apalagi di Dam Tukad Unda Klungkung ini bisa dijadikan tempat bersantai yang nyaman, sambil menikmati lalu lalang kendaraan di atas jembatan, dan pemandangan indah pepohonan dan tebing-tebing sungai. Aliran air terjun merata pada dam tersebut, seolah sebuah tirai raksasa yang membentang indah, yang akan memberikan pengalaman wisata menarik saat liburan ke pulau Dewata Bali. Tidak jarang tempat ini sebagai tempat pengambilan photo prewedding. Sekarang tempat wisata di Klungkung ini dikelola dengan profesional dan menjadi tempat rekreasi baru yang dikenal dengan Wisata kali Unda.

Waktu terbaik berkunjung: 08:00 – 10:00 / 16:00 – 17:00. Tujuannya untuk menghindari panas sinar matahari.
Tiket Masuk Berkunjung: Gratis.

2. Pura Goa Lawah

Tempat wisata pura di Klungkung ini menyuguhkan pemandangan pura dengan sebuah goa keleawar pada tebing bukit di pelataran utama pura. Pemandangan cukup unik, ribuan kelelawar bergelantungan di dinding-dinding gua. Suara kelelawar sangat khas sekali termasuk juga aromanya. Pura terlihat cantik dengan bangunan meru menjulang tinggi, termasuk taman-taman tertata rapi. Bagi umat Hindu Bali, pura Goa Lawah ini sebagai tujuan untuk melakukan prosesi upacara Meajar-ajar ataupun Nyegara Gunung, sehingga tidak mengherankan pada waktu-waktu tertentu, pura Goa Lawah dipadati oleh umat Hindu. Lokasinya strategis dan terletak di pinggir jalan raya kabupaten, membuat objek wisata di Bali ini mudah untuk dikunjungi.

Tiket Masuk: Rp 6.000 / dewasa, Rp 4.000 / anak.
Sewa Kain Sarung, Rp 10.000 / kain, jika anda tidak membawa kain sarung.
Jam Buka: 08:00 – 19:00.
Dress code: Kain Sarong & Selendang Di Ikat Di Pinggang.

3. Sungai Melangit Bakas Klungkung

Jika anda bertanya dimana tempat rafting di Bali, salah satunya adalah di sungai Melangit Klungkung. Atraksi rafting di Bali ini dikelola oleh Bakas Levi Ranting, oleh Bakas wisata yang terletak di Banjarangkan Klungkung ini tidak hanya melayani rekreasi rafting di sungai Melangit saja, tetapi juga wisata naik gajah dan juga rekreasi petualangan ATV ride. Sehingga tempat wisata ini cukup populer dalam satu tempat terdapat sejumlah atraksi, jika anda suka wisata alam petualangan, tempat ini layak anda kunjungi dalam agenda tour berikutnya. Aliran air di sungai Melangit jernih dengan debit airnya besar, kegiatan rekreasi rafting di Klungkung ini cocok untuk anak-anak dan dewasa, anda akan ditemani oleh seorang guide dalam sebuah perahu, sehingga perjalanan sepanjang menyusuri aliran sungai menjadi aman dan nyaman.

Harga rafting Bakas Levi Rafting: Rp 350.000 / orang.

4. Kerta Gosa

Objek wisata Kerta Gosa, terkadang ditulis Kertha Gosa adalah barometer objek wisata di kota Semarapura. Terdapat tiga bangunan utama yang ada di objek wisata Kertha Gosa, yaitu: Bale Kertha Gosa, Bale Kambang dan Medal Agung, Pintu Megah Kerajaan Klungkung. Hal yang menjadi daya tarik utama objek wisata Kertha Gosa terdapat pada arsitektur bangunan khas Bali abad 17. Keunikan arsitektur Bali abad ke 17 terlihat jelas pada bangunan Taman Gili Bale Kambang (bangunan yang dikelilingi kolam). Pengunjung yang ingin masuk ke area bangunan Bale Kambang akan melewati jembatan yang terbuat dari batu-bata.

Tiket Masuk: Rp 12.000 / Dewasa. Rp 6.000 / anak.
Jam Buka: 08:00 – 17:00.
Dress code: Kain Sarong & Selendang Di Ikat Di Pinggang.

5. Museum Semarajaya

Menyatu dengan kawasan objek wisata Kertha Gosa, terdapat sebuah museum bernama museum Semarajaya. Lokasi dari museum Semarajaya berada di bagian barat dari bangunan Bale Kambang. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 1 menit dari Bale kambang untuk mencapai lokasi museum Semarajaya. Bangunan museum Semarajaya dibangun oleh pemerintah Belanda, setelah kerajaan Klungkung kalah dalam perang puputan. Daya tarik museum yang dapat pengunjung lihat seperti, benda prasejarah dan senjata yang digunakan dalam perang puputan Klungkung. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat foto-foto raja Klungkung sebelum perang puputan.

Tiket Masuk: termasuk dalam tiket masuk objek wisata Kertha Gosa.
Jam Buka: 08:00 – 17:00.
Dress code: Kain Sarong & Selendang Di Ikat Di Pinggang.

6. Monumen Puputan Klungkung

Lokasi dari monumen puputan Klungkung berada diseberang jalan dari objek wisata Kertha Gosa, dan terlihat jelas karena menjulang tinggi. Tinggi dari monumen puputan Klungkung sekitar 28 meter. Masih jelas teringat di ingatan saya, proses pembangunan monumen puputan Klungkung, dari belum ada sampai jadi. Monumen puputan Klungkung di resmikan pada tanggal 28 April 1992.

Tiket Masuk: Gratis.
Jam Buka: 08:00 – 17:00.

7. Puri Klungkung

Puri Agung Semarapura adalah istana dari raja Klungkung saat ini, namun lebih dikenal dengan nama puri Klungkung. Peninggalan bangunan Puri Klungkung dari jaman kerajaan sudah tidak ada lagi, karena hancur akibat dari perang puputan kerajaan Klungkung melawan kolonial Belanda. Saat ini, lokasi istana Klungkung berpindah ke sebelah barat laut, berbeda lokasi dari istana Klungkung jaman sebelum penjajahan Belanda.

Tiket Masuk: Saat saya tulis masih gratis.
Jam Buka: 08:00 – 17:00.
Dress code: Kain Sarong & Selendang Di Ikat Di Pinggang.

8. Lapangan Puputan Klungkung

Lapangan Puputan Klungkung, lokasinya tepat berada di depan gerbang puri Klungkung. Lapangan puputan Klungkung saat ini sudah tertata rapi, berubah menjadi sebuah taman liburan yang banyak dikunjungi masyarakat lokal Klungkung pada sore hari.

Tiket Masuk: Gratis.
Jam Buka: Tidak ada.

9. Pasar Seni Kota Semarapura

Pasar seni tidak hanya ada di Sukawati ataupun di objek wisata di Ubud, namun juga ada di kabupaten Klungkung. Lokasi dari pasar seni di kabupaten Klungkung berada di pusat kota Semarapura, tepatnya disebelah timur area parkir tempat wisata Kertha Gosa. Pasar seni kota Semarapura lebih dikenal dikalangan wisatawan yang menyukai kain Endek, maupun kain songket Bali. Tenun kain Endek dan tenun kain songket khas Klungkung, masih di produksi dengan cara traditional menggunakan tenaga manusia. Jadi jumlah produksi kain yang dapat dihasilkan tidak banyak, membuat harga kain tenun Endek dan kain songket Klungkung sangat mahal. Harga kain Endek asli Klungkung dijual dari Rp 200.000 – Rp 500.000 / meter. Harga kain Endek Klungkung ditentukan dari tingkat kerumitan pembuataan. Sedangkan untuk kain Songket asli Klungkung, bahkan dijual sekitar 1 juta rupiah, bahkan ada yang lebih mahal. Oleh karena itu, jika anda liburan ke tempat wisata daerah Klungkung, jangan lupa untuk membeli kain Endek maupun kain Songket asli pengerajin Klungkung.

Tiket Masuk: Gratis.
Jam Buka: 08:00 – 17:00.

10. Desa Kamasan

Bagi anda pecinta seni lukis wayang maka desa Kamasan inilah tempatnya, desa yang terletak di sebelah selatan kota Klungkung ini, warga sekarang memang mewarisi gaya melukis wayang tersebut dari nenek moyangnya, karya-karya seninya memang cukup kas, unik dan berbeda, sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Hasil karya seni lukis Kamasan masih terpampang dari jaman kerajaan sampai saat ini adalah bangunan yang berada di objek wisata Kerta Gosa Klungkung, langit-langit bangunan dipenuhi lukisan bergaya Kamasan. Lukisan tradisional bercorak Kamasan ini sangat terkenal di Bali. Kreativitas seni yang berkembang di desa Kamasan selain seni lukis wayang juga ada kerajinan emas dan perak, seni tari, kerajinan uang kepeng dan musik tradisional.

Tiket Masuk: Gratis.
Jam Buka: -.

11. Goa Jepang Klungkung

Keberadaan Goa Jepang di desa Banjarangkan Klungkung ini memang cukup terkenal di pulau Bali, lokasinya berada di jalur strategis yang menghubungkan Kabupaten Karangasem – Klungkung – Gianyar – kota Denpasar, sehingga keberadaan Goa Jepang ini tidak begitu asing lagi. Goa Jepang di Klungkung ini memiliki 16 buah mulut gua, 14 buah diantaranya saling berhubungan pada setiap lorongnya, sedangkan 2 gua lainnya yang terletak pada ujung kiri dan kanan terpisah dan berdiri sendiri, tidak saling berhubungan. Goa Jepang ini memiliki kedalaman 4 meter dan tinggi sekitar 2 meter, sehingga leluasa untuk ukuran orang dewasa. Goa Jepang ini dikenal memiliki aura mistis, jadi mereka yang suka wisata seram dan angker, bisa menjadi tempat ini sebagai tujuan wisata selanjutnya.

Tiket Masuk: Gratis.
Jam Buka: -.

12. Museum Lukis Nyoman Gunarsa

Museum seni di Bali tidak hanya didominasi oleh Ubud, tetapi Museum Gunarsa yang terletak di kabupaten Klungkung ini, bisa menjadi tujuan alternatif anda saat merencanakan tour ke wilayah Bali Timur, lokasinya sekitar 3 kilometer sebelah Barat kota Semarapura Klungkung. Museum Gunarsa ini dibangun oleh I Nyoman Gunarsa pada tahun 1990, dibangun berlantai tiga dengan desain Bali modern, kemudian pada tahun 1994 diresmikan oleh oleh Bapak Wardiman Djoyonegoro Menteri Pariwisata dan Kebudayaan kala itu. Museum ini memiliki sedikitnya 250 koleksi lukisan, termasuk juga koleksi patung dan benda-benda antik. Keberadaan museum ini tentu memperkaya koleksi lukisan termasuk benda-benda antik yang ada di Bali agar tidak semuanya diboyong ke luar Bali.

Jam Buka: 08:00 – 16:00.

13. Bukit Belong Gunaksa

Ingin menyaksikan Klungkung dari ketinggian? Bukit Belong Gunaksa adalah tempat yang paling tepat untuk Anda. Destinasi yang populer di kalangan muda-mudi ini kerap menjadi tujuan akhir pekan. Ada yang sekadar berfoto-foto atau duduk santai bersama orang-orang terdekat. Penyebab hitsnya bukit Belong menjadi tempat nongkrong anak muda, karena sudah ada jalan lebar yang dapat dilewati mobil walaupun jalannya menanjak. Dengan tersedianya akses jalan lebar ini, membuat banyak anak muda tertarik untuk mengunjungi bukit Belong. Daya tarik bukit Belong terletak pada pemandangan hamparan sawah luas yang dapat dilihat dari atas bukit. Bukit yang termasuk wilayah Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan ini cukup mudah ditemukan. Perlu diingat bahwa di lokasi wisata ini tidak ada pedagang minuman dan makanan. Sebelum ke sini, jangan lupa persiapkan camilan untuk bekal selama Anda berada di puncak.

Tiket Masuk: Seharusnya gratis, hanya ada yang mungut tiket Rp 5.000 / orang.
Waktu terbaik berkunjung: 08:00 – 09:00 / 16:30 – 17:30.

14. Pantai Kusamba

Objek wisata pantai Kusamba di Klungkung ini berwarna hitam, namun demikian terlihat begitu cantik dengan pemandangan laut biru terhampar indah, dari kejauhan terlihat pegunungan di pulau Nusa Penida. Pantai Kusamba ini menjadi pusat kegiatan nelayan dalam menangkap ikan dengan cara-cara tradisional, jejeran perahu terlihat indah menghiasi bibir pantai, jika ingin mendapatkan tangkapan ikan segar maka disinilah tempatnya, suasananya tenang dan sepi, ideal untuk bersantai dan menyepi menjauhkan diri dari keramaian. Sejumlah kegiatan lainnya di pinggir pantai Kusamba seperti kegiatan petani garam dalam mengolah air asin menjadi butiran-butiran garam dengan cara sederhana dan tradisional.Pantai Kusamba, salah satu akses untuk mendapatkan transportasi laut menggunakan perahu traditional, untuk menuju pulau Nusa Penida.

Tiket Masuk: Gratis.
Waktu terbaik berkunjung, 17:00.

15. Pantai Watu Klotok

Pantai dengan hamparan pasir hitam ini tidak kalah menawan jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Panorama keindahan pantai semakin eksotis dengan view persawahan di sekitar pantai dan megahnya Gunung Agung dari kejauhan.

Lokasi: Banjar Celepik, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

16. Aan Secret Waterfall

Kabupaten Klungkung memiliki, tempat wisata lengkap mulai dengan pantai, museum, cagar budaya dan bukit, kini hadir objek wisata air terjun yang cantik dan menarik. Lokasi air terjun ini di desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Tempat wisata air terjun yang baru buka pada pertengahan Desember 2018 ini dinamakan Aan Secret Waterfall. Tempat wisata ini memang tersembunyi berada pada sebuah lembah, air terjun ini diapit oleh tebing-tebing tinggi, sehingga tersembunyi. Tempat wisata terbaru di Klungkung ini selain menawarkan keindahan, juga suasana alam yang tenang, sehingga mereka yang suka tempat anti mainstrean dan instagramable, maka Aan Secret Waterfall bisa menjadi tujuan tour berikutnya. Di kawasan ini juga terdapat warung yang juga menawarkan pesona indah sunrise dan sunset.

17. Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Hampir semua turis yang pernah berkunjung ke Bali, pasti mendengar nama Nusa Penida. Pulau kecil yang berada di sebelah tenggara Bali itu adalah tempat yang sempurna untuk menjelajahi pesona bahari Klungkung. Ada banyak spot menarik yang harus Anda kunjungi. Masing-masing memiliki pesona tersendiri yang sayang dilewatkan begitu saja. Pasih Uug atau Broken Beach misalnya. Menyajikan pemandangan pantai yang dibatasi tebing membulat. Mau berenang menantang karang atau sekadar duduk bersantai sembari berburu foto Instagenik, semua bisa Anda lakukan di sini. Selain Pasih Uug, masih ada Angel’s Billabong, Pasih Andus hingga Bukit Atuh yang konon keindahannya menyaingi Raja Ampat di Papua. baca selengkapnya Pesona Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Kuliner di Klungkung

Sembari berkeliling menikmati beragam atraksi wisata, mencicipi kuliner khas Klungkung tentu tak boleh dilewatkan. Simak beberapa rekomendasi tempat di mana Anda bisa mendapatkan sajian lezat khas Klungkung berikut ini!

1. Pasar Senggol Klungkung

Ketika sudah sampai Klungkung, jangan lupa mencicipi serombotan. Kuliner khas setempat ini terbuat dari sayur-sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam, kangkung hingga terong yang diberi bumbu kacang. Anda bisa menemukan banyak penjaja serombotan dengan berkunjung ke Pasar Senggol Klungkung. Selain jadi tempat berbelanja, Pasar Senggol Klungkung memang kerap jadi pilihan lokasi berwisata kuliner. Selain serombotan, Anda juga bisa menemukan bakso, aneka lalapan, terang bulan hingga babi guling.

2. The Monkey Bar at Bella Kita

Beralamat di Jalan Bukit Abah, Besan, The Monkey Bar at Bella Kita menyajikan beragam makanan Asia dan Indonesia. Mengusung konsep unik dan menenangkan, Anda bisa menyantap beragam menu sedap sembari menyaksikan pemandangan alam Klungkung yang menawan. Berbeda dengan bar-bar lainnya di Bali, tersedia fasilitas kolam renang dengan patung-patung Buddha di tepiannya. Karena segala kelebihannya ini, tak heran jika The Monkey Bar kerap menjadi tujuan warga setempat dan wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan santai sambil makan enak.

3. Warung Lesehan Merta Sari

Warung Lesehan Merta Sari merupakan salah satu kuliner legendaris di Klungkung. Mulai beroperasi pada tahun 1980-an dengan menu sup kuah ikan dan sambal bawang, warung ini sekarang semakin populer bahkan menjadi langganan artis ibu kota saat berkunjung ke Klungkung. Salah satu menu favorit di sini adalah sate lilit ikan. Diolah dari ikan tuna segar yang diambil dari pelelangan, daging kemudian dibumbui dan dibakar. Selain itu, masih ada menu sup kuah ikan yang tidak kalah lezatnya. Untuk menghindari antrean, ada baiknya Anda tidak datang di musim liburan atau akhir pekan karena sudah bisa dipastikan warung ini akan penuh.

Penginapan di Klungkung

Untuk melengkapi suasana liburan Anda, selain destinasi menarik dan makanan enak, Anda juga butuh akomodasi nyaman dengan layanan terbaik. Simak beberapa rekomendasi hotel di Klungkung berikut ini!

1. Villa Driftwood

Ingin menikmati suasana liburan tropis di pinggir pantai? Villa Driftwood yang berada di Pulau Nusa Lembongan siap menyambut Anda. Dengan material bangunan serba kayu, Anda akan dimanjakan pemandangan laut beserta suara deburan ombak. Beberapa destinasi menarik seperti Sandy Bay Beach Restaurant, Sandy Bay Beach Club dan Pantai Nusa Lembongan berada dekat dengan akomodasi.

2. Simpang Inn Bungalow

Penginapan berkonsep B&B ini menawarkan kamar-kamar nyaman dengan harga terjangkau di Nusa Penida. Beberapa atraksi menarik di sekitar Simpang Inn Bungalow antara lain The Salt and Pepper Waroeng, Pantai Crystal Bay dan Pantai Nusa Lembongan. Anda bisa menemukan akomodasi ini dengan datang langsung ke Sakti Village, Nusa Penida, Klungkung.

3. The Grand Bakas Village

Untuk Anda yang mencari suasana sunyi yang nyaman dan menenangkan, silakan jatuhkan pilihan pada The Grand Bakas Villa. Dilengkapi dengan kolam renang dan suasana asri di sekitar, penginapan ini sangat cocok untuk berbulan madu atau merayakan anniversary dengan pasangan. The Grand Bakas Village berada di Bakas, Banjarangkan, Klungkung.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *