Loading...
Panduan & Tips

Tips Berbelanja di Pasar Seni Sukawati Bali

Pasar Seni Sukawati Bali

Siapa bilang Pulau Dewata hanya soal pantai saja. Keberagaman wisata Bali memang bisa terlihat melalui objek wisata Pasar Seni Sukawati. Dimana, pasar ini begitu terkenal tidak hanya wisatawan nusantara saja wisatawan mancanegara pun juga mengenal dengan baik Pasar ini. Biasanya, mereka menjadikan objek wisata ini sebagai tujuan terakhir untuk membeli oleh-oleh.

Ciri unik dari Pasar Sukawati ini adalah menjual produk dari berbagai macam seni dan kerajinan khas Bali paling lengkap. Kualitasnya sangat bagus. Hanya saja, untuk bisa membeli beberapa barang di tempat ini. Anda wajib siapkan mental yang besar. karena, akan terjadi tawar-menawar harga yang cukup alot.

Wisata Pasar Sukawati ini ada Seni patung, seni lukis, seni musik dari berbagai kalangan Tidak hanya kesenian dari para seniman lokal saja. Melainkan, mereka yang sudah punya nama pun juga ikut dijual di pasar ini. menariknya lagi. Pasar Seni Sukawati tidak gentar digempur oleh beberapa pasar modern yang sudah menjamur di Bali.

Disini kita bisa membeli beberapa oleh-oleh berupa T-shrit, dompet, pakaian batik khas bali, dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan, semua yang anda butuhkan tersedia lengkap disini.

Pasar Sukawati sendiri terdiri dari 3 tempat yang letaknya berdekatan. Biasanya, para wisatawan memilih pasar sukawati yang pertama karena nilai historisnya yang cukup kental. Tidak hanya pakaian atau kesenian saja. Lokasi wisata Pasar Sukawati juga bisa menikmati berbagai macam menu makanan yang bisa dinikmati.

Bagi anda warga muslim yang ingin mencari makanan halal. Pasar Seni Sukawati bisa menjadi salah satu pilihan utama. Lantaran, kebanyakan menu di pulau dewata mengandung beberapa bahan yang tidak diperbolehkan.

Harga Tiket Masuk Pasar Seni Sukawati

Sisi menarik lainnya dari objek wisata ini adalah harga tiket masuk Pasar Sukawati yang tidak perlu membayar atau gratis. Hanya saja, anda wajib membayar uang parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil. Bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah.

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini jam operasional buka untuk pasar seninya pada pukul 10 pagi dan akan tutup pada pukul 5 sore. Untuk pasar lokalnya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Waktu yang cukup panjang bukan untuk menikmati berbagai macam sajian di kawasan ini.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Pasar Sukawati terletak di Jalan Raya Pasar Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Bagi anda yang berasal dari luar pulau Bali. Bisa memanfaatkan bandara Ngurah Rai sebagai pintu masuk utama. Jarak yang dibutuhkan menuju ke objek wisata ini kurang lebih 30 km. Dengan waktu yang dibutuhkan adalah 55 menit.

Rute menuju Pasar Sukawati bisa memulai dari jalan tol madara, masuk ke jalan By Pass Ngurah Rai hingga Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang berada di Kota Denpasar. Tetap di jalan ini kurang lebih 18 km. Atau kurang lebih 23 menit hingga 30 menit lamanya. Jalan menuju Pasar Sukawati selanjutnya adalah Jalan Raya Guwang hingga masuk ke jalan raya sukawati. Setelah itu anda akan tiba di titik lokasi. Bagaimana, cukup mudah bukan menuju ke objek wisata ini?

Asal-Usul

Setelah kita mengenal sedikit mengenai Pasar Sukawati ini. Saatnya kita untuk mengetahui sedikit pula mengenai sejarah dari kawasan ini. Sekitar tahun 1980an pasar ini sangat ramai dan mulai berkembang lebih baik lagi.

Pada tahun ini pula, beberapa pedagang mulai menawarkan berbagai macam produk mereka seperti kerajinan tangan yang sangat terkenal. Hadir pula pakaian adat bali yang tidak boleh anda lewatkan. Oleh karena itu tidak heran bila kawasan ini mulai didatangi banyak pengunjung dari berbagai penjuru.

Tips Berbelanja

Perlu diakui memang tempat ini memiliki kualitas yang sangat bagus tidak kalah dengan kualitas di tempat lain terutama soal baju. Tidak salah memang bila ada beberap barang yang menggoda iman ini. Tetapi, ada beberapa tips yang wajib anda perhatikan sebelum anda pergi dan berbelanj ke tempat wisata ini.

1. Datanglah lebih pagi

Datanglah lebih pagi kalau perlu saat pasar ini baru buka. Atau beberapa menit setelah buka. Beberapa warga bali menyakini bahwa pelanggan pertama yang datang membeli disebut sebagai penglaris untuk barang dagangan mereka selama satu hari penuh.

Dengan begitu, biasanya mereka akan memberikan diskon bagi anda yang ingin berbelanja sebagai pelanggan pertama. Keunggulan lain dari anda yang datang lebih pagi adalah kondisinya masih sepi sehingga, diskon yang di dapatkan bisa lebih besar lagi.

2. Survei harga terlebih dahulu

Sebelum menjatuhkan pilihan. anda bisa mensurvey harga terlebih dahulu di berbagai toko. Karena, ada beberapa toko yang berani memberikan angka yang jauh lebih murah. Anda pun juga harus berhati-hati bila bertanya agar tidak menyinggung satu sama lain.

3. Bersikap ramah

Bersikaplah yang ramah kepada para penjual. Keakraban yang muncul menjadikan mereka seperti saudara. Sehingga, dengan bersikap ramah mereka bisa memberikan harga lokal yang selisihnya cukup banyak.

4. Borongan

Mendapatkan harga murah hanya dengan membeli jumlah yang sedikit memang sulit. Oleh karena itu, belilah dalam jumlah yang banyak atau dengan sistem borongan. Biasanya mereka akan memberikan potongan harga yang bila dihitung-hitung cukup murah.

5. Pintar Menawar

Inilah cara terakhir yang bisa anda dapatkan bila ingin berbelanja di Pasar Sukawati. Dimana anda harus pintar menawar. Kondisi tawar menawar ini bisa dibilang sebagai sebuah medan perang. Karena, para pedagang pasar sukawati cukup alot. Mereka tetap saja mempertahankan harga mereka.

Nah, itu dia mengenai Pasar Seni Sukawati dan tips cara berbelanja di Pasar Seni Sukawati yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *