Loading...
Panduan & Tips

Tips Menabung untuk Liburan Agar Jadi Kenyataan

Lebih dari sekedar gaya hidup, liburan kini telah menjadi kebutuhan. Apalagi jika sudah mendekati akhir tahun seperti ini. Musim liburan segera tiba dan Anda pasti ingin menghabiskannya di tempat yang istimewa. Liburan memang cara terbaik untuk lepas dari kepenatan dan tekanan setelah bekerja sepanjang tahun. Namun aspek terpenting yang harus Anda pikirkan saat merencanakan liburan adalah biaya yang harus dikeluarkan. Untuk mengisi akhir tahun dengan berlibur, Anda biasanya menabung sejak jauh-jauh hari. Jika biaya liburan tidak disusun dan direncanakan dengan baik, bisa-bisa Anda pulang liburan dengan stress yang lebih berat karena tagihan kartu kredit membengkak.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menabung agar bisa liburan di akhir tahun. Jangan menyerah dan mengeluh meski dalam proses mengumpulkan uang Anda menemui banyak godaan dan kendala. Jika Anda bijak dalam mengelola keuangan dan bisa menabung secara teratur, rencana liburan tentu bisa diwujudkan. Saat ini ada banyak situs online yang memudahkan Anda untuk bisa mendapatkan harga/paket liburan terbaik. Tentunya harga tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Untuk memastikan rencana liburan terwujud nantinya, beberapa cara berikut ini bisa mengantarkan Anda berlibur ke negara pilihan dengan segera.

1. Buatlah Rencana Yang Matang

Membuat rencana liburan sejak jauh-jauh hari adalah hal yang sangat penting meski Anda bukan orang yang suka berencana. Anda tidak mau kan pergi liburan dengan tiba-tiba dan berhutang untuk biayanya? Jika Anda membuat rencana liburan yang matang, Anda bisa mengkalkulasi biaya yang dibutuhkan selama berlibur, lalu bagilah dengan sisa bulan yang masih ada. Dengan demikian Anda akan tahu berapa jumlah yang harus ditabung setiap bulannya. Cara ini bisa meringankan dan memudahkan Anda. Tahu-tahu uang Anda sudah terkumpul saat Anda akan berangkat berlibur.

2. Tentukan Tujuan dan Anggarannya

Rencana liburan Anda harus diawali dengan pemilihan tujuan liburan. Kemudian barulah Anda bisa menentukan anggaran liburan dengan tepat. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan perjalanan liburan ke tempat tujuan. Dalam anggaran yang Anda buat, susun dan perkirakan kapan Anda bisa mencapai jumlah dana yang dibutuhkan untuk liburan nanti. Melakukannya sejak awal akan mempermudah Anda untuk mewujudkan liburan ke luar negeri.

3. Hitung biaya yang dibutuhkan secara rinci

Bukan hanya destinasi wisata saja yang harus masuk dalam perencanaan liburan Anda. yang tidak kalah penting adalah: bagaimana cara Anda berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Tentukan moda transportasi apa yang akan Anda gunakan baik itu darat maupun udara. Masukkan pula biaya makan, biaya untuk membeli cindera mata, dan biaya yang dibutuhkan untuk aktivitas liburan (mengunjungi museum, pusat hiburan, atau menyewa alat), dan biaya-biaya lain yang mungkin muncul. Jika Anda berencana liburan di akhir tahun, bersiaplah menyiapkan dana lebih karena di musim liburan, semua tarif biasanya mengalami kenaikan.

4. Tentukan Apakah Anda Akan Berlibur Sendiri Atau Tidak

Berlibur bersama kekasih atau ramai-ramai bersama sahabat sangat menguntungkan. Semakin banyak orang, semakin sedikit biaya yang harus Anda keluarkan. Bayangkan saja berapa uang yang bisa Anda hemat untuk biaya penginapan. Untuk itu, tentukan dengan siapa Anda akan berlbur. Anda bisa menyusun rencana bersama, menghitung budget bersama, dan menghindari rencana di menit-menit terakhir yang bisa memakan banyak biaya.

5. Buatlah Rekening Baru Khusus Liburan

Pisahkan dana liburan dan tempatkan dalam rekening khusus agar tidak tercampur aduk dengan berbagai dana lainnya. Tentukan jumlah dana liburan yang akan ditabung setiap bulannya sesuai dengan estimasi waktu selesainya menabung. Segera lakukan transfer dana ke rekening khusus liburan setiap kali menerima gaji.

6. Komitmen Menabung

Siapa bilang kalau komitmen itu dibutuhkan hanya untuk hubungan romantisme? Komitmen juga dibutuhkan dalam hubunganmu dengan diri sendiri. Menyisihkan uang adalah hal yang tidak mudah, sekalipun jika Anda adalah orang yang super hemat. Akan selalu ada saat dimana Anda merasa tergoda untuk mengurangi tabungan Anda karena ada kebutuhan yang lain. Tanpa Anda sadari budget Anda masih kurang saat waktu berlibur tiba.

Ya, seperti komitmen menabung di awal bulan ini. Untuk apa sih kok harus menabung di awal bulan? Tentunya agar anda bisa mengatur keuangan dengan baik. Uang yang sudah anda tabung saat awal bulan untuk liburan, tidak akan terpakai untuk keperluan yang lain. Atau anda bisa gunakan fitur pemotongan otomatis. Tetapkan jumlah bulanan yang diinginkan serta jangka waktu kapan Anda ingin uang tersebut dicairkan. Dengan cara ini, biaya liburan Anda akan tetap aman dan Anda tidak akan khawatir kekurangan uang nantinya. Fitur ini akan sangat membantu, terutama jika Anda adalah seseorang yang sulit menabung.

7. Menghemat Jadi Cara Efektif Menabung Dana Liburan

Untuk memuluskan rencana liburan, Anda harus memulai penghematan. Lakukan pemangkasan biaya-biaya yang tidak begitu penting dalam anggaran keuangan Anda. Ingat, yang tidak begitu penting. Jangan sampai Anda menyetop dana untuk kebutuhan yang memang wajib dipenuhi. Contoh yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang anda:

  • Tinggalkan Kartu ATM di Rumah

Kurangi pengeluaran dengan meninggalkan kartu ATM anda di rumah. Ambil saja sekitar Rp 200ribu-300ribu di dalam dompet kamu untuk seminggu. Hal ini bukan berarti kamu nggak bisa makan enak atau nongkrong sama teman-teman, lho. Kamu masih bisa menikmati itu namun sebisa mungkin berilah waktu 2x dalam sebulan untuk melakukannya. Berani tantang diri sendiri untuk melakukan hal ini demi sebuah liburan di masa yang akan datang dan cash flow keuangan yang semakin teratur.

  • Bawa Bekal Makan Siang

Masih berhubungan dengan poin di atas, Anda juga bisa melakukan penghematan yang cukup besar setiap harinya, yakni dengan membawa bekal makan siang ke kantor. Tidak perlu malu atau merasa minder ketika membawa bekal makan siang. Ingatlah selalu akan impian liburan ke tempat  yang ingin Anda wujudkan.

  • Mengurangi Gaya Hidup Konsumtif

Mengurangi gaya hidup konsumtif yang berlebihan juga nggak akan merugikan kamu kok. Justru ini sangat baik karena kamu bisa menahan diri dari membeli hal yang nggak kamu butuhkan. Salah satunya adalah kurangi window shopping atau cuci mata di dalam mall dan pusat perbelanjaan. Karena kamu bisa aja mengeluarkan uang tanpa kamu sadari hanya karena melihat hal yang menurutmu lucu, tapi sebenarnya nggak kamu butuhkan banget. Duh, alih-alih nabung, nanti justru buntung!

  • Batasi Kegemaran yang Menghabiskan Biaya

Gemar ke kafe dan menghabiskan waktu sepanjang sore di sana dengan minum kopi serta menyicipi kudapan yang lezat? Atau Anda mungkin senang mengoleksi sepatu kulit yang harganya juga tidak ramah di kantong? Mulailah membatasi kegemaran Anda tersebut. Lebih baik alokasikan dana Anda ke tabungan liburan Anda sehingga jumlahnya semakin cepat bertambah.

  • Hentikan Langganan yang Tidak Perlu

Biaya langganan yang Anda bayar tiap bulan tentu menguras sebagian dari pendapatan Anda. Mulai dari berlangganan TV kabel, internet, Netflix, dan langganan-langganan lain yang tidak perlu. Jika Anda adalah orang yang bekerja sepanjang hari, rasanya tidak perlu berlangganan TV kabel. Habiskan waktu sepulang kerja di malam hari untuk beristirahat. Untuk berlangganan internet dan Netflix, Anda bisa menghentikannya sementara. Manfaatkan layanan WiFi gratis yang ada di kantor atau di tempat-tempat umum seperti kafe dan ruang publik.

  • Biasakan Belanja Hemat

Alokasikan sebagian anggaran belanja bulanan Anda untuk kebutuhan dana liburan, tapi dengan cara yang tepat. Bukan memotongnya secara langsung atau mengurangi jumlah konsumsi bulanan Anda. Sebab ini akan berbahaya dan bisa berdampak buruk. Lakukan hal ini dengan bijak, yakni dengan cara melakukan kegiatan belanja bulanan yang cerdas. Anda bisa belanja hemat dengan mengandalkan diskon atau penawaran khusus dari toko/supermarket tertentu. Cari informasi tersebut melalui internet agar Anda bisa memenuhi semua kebutuhan bulanan Anda dengan harga yang lebih hemat. Biasanya supermarket akan menerbitkan katalog bulanan dan Anda bisa memanfaatkan ini. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit Anda untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus dari kerja sama toko tertentu dengan bank penerbit kartu Anda.

  • Atur Pengeluaran Harian

Anda juga bisa mengatur pengeluaran harian Anda agar lebih efektif sehingga beberapa pos bisa dipangkas untuk ditabung sebagai dana liburan Anda. Misalnya, Anda bisa berjalan kaki menuju halte bis yang tidak terlalu jauh dari kantor daripada menggunakan ojek yang tentu akan membutuhkan sejumlah biaya harian yang cukup besar. Kalau dikumpulkan dalam sebulan, pengeluaran ini juga jumlahnya cukup lumayan.

8. Jadikan Hobi sebagai Sumber Pemasukan Tambahan

Jika memiliki hobi yang unik dan bisa dijadikan uang, kenapa Anda tidak mencoba untuk menjadikannya sebagai sumber dana liburan? Saat ini ada banyak cara untuk menyalurkan hobi menjadi uang. Salah satunya dengan mengandalkan layanan internet. Misalnya, Anda hobi nge-blog dan visitor yang melihat blog jumlahnya lumayan banyak, ini bisa jadi peluang dengan memasang iklan pada blog Anda. Di samping itu, Anda bisa juga mendaftarkan diri sebagai penulis freelance dengan menjadikan blog Anda sebagai portofolio.

9. Mencari Pekerjaan Sampingan

Untuk menghasilkan lebih banyak uang, Anda memerlukan lebih banyak sumber pendapatan. Tidak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan untuk membantu Anda mengumpulkan biaya liburan dengan lebih cepat. Tidak perlu mencari pekerjaan yang berat, cari pekerjaan yang menyenangkan, sesuai dengan bakat dan minat Anda.

10. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Daripada terbengkalai, lebih baik barang-barang yang tidak terpakai dijual demi mendapatkan dana tambahan. Keberadaan situs jual beli secara online bisa membantu Anda dalam menjualnya barang-barang tersebut. Terlebih bila memiliki barang-barang bekas yang lumayan banyak dan masih layak, Anda bisa mendapatkan sejumlah uang yang lumayan besar nantinya.

11. Instal Aplikasi

Setelah berusaha untuk hemat dengan menahan pengeluaranmu, inilah saatnya kamu menuju apa yang selama ini kamu rencanakan! Segera instal aplikasi yang membantu rencana liburanmu, seperti aplikasi tiket pesawat, kereta atau bus yang memberikan banyak promo namun aman dan terpercaya. Ada juga aplikasi untuk mencari penginapan yang murah dan bagus sesuai keinginan. Bisa juga mencari tiket masuk wisata yang kamu inginkan lewat online menjadi lebih murah.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *