Loading...
Panduan & Tips

Tips Wisata Ke Bali Hemat Dan Menyenangkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak wisatawan yang ingin datang ke Bali untuk berlibur karena mereka akan menemukan apa yang mereka cari di pulau kecil nan indah ini, mulai dari keindahan alam, budaya, pantai yang menarik, tempat yoga dan belanja, tempat spiritual dan lain sebagainya. Karena alasan itu, pemerintah dan masyarakat saat ini bekerja keras bagaimana memenuhi kebutuhan wisatawan untuk memiliki sebuah perjalanan yang menyenangkan. Sekali, dua kali kunjungan tentunya belum cukup untuk menikmati keindahan Pulau Dewata.

Tetapi jangan khawatir, Bali juga merupakan pilihan yang tepat untuk Anda jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang Anda. Berikut ini kami cantumkan beberapa tips untuk menghemat uang Anda saat berlibur ke Bali:

1. Alternatif Moda Transportasi Menuju Pulau Bali

Biaya transportasi adalah salah satu alasan mengapa dana liburan kita habis, apalagi jika kita menggunakan moda pesawat terbang. Pulau Bali yang bertetangga dengan Pulau Jawa memberikan banyak alternatif transportasi selain pesawat terbang. Salah satu yang jadi favorit adalah kereta api.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan rute khusus kereta api Mutiara Timur ke Bali dua kali sehari. Perjalanan dengan kereta api ini akan memakan waktu tempuh sekitar 12 jam dari stasiun Gubeng Surabaya. Rute kereta apinya akan berhenti di stasiun Banyuwangi Baru, lalu dilanjutkan dengan menaiki bus Damri yang akan mengantarmu sampai ke terminal Ubung, Denpasar. Bus Damri ini nantinya akan menaiki kapal ferry untuk menyeberangi Selat Bali. Untuk pengalaman yang berkesan, kamu bisa menaiki kereta Mutiara Timur dengan jadwal keberangkatan malam hari, sehingga kamu bisa menikmati sunrise yang sangat indah di atas kapal ferry. Pengalaman yang seru bukan?

2. Cara Mudah Mencari Akomodasi Murah Meriah

Masalah utama yang paling banyak ditemui saat berlibur adalah bagaimana mendapatkan  akomodasi yang nyaman dan bagus, tetapi beberapa wisatawan tidak jarang berfikir akomodasi yang nyaman dan bagus biasanya ditawarkan dengan harga yang lumayan tinggi. Ada banyak hotel yang ditawarkan di Bali, mulai dari hotel/villa yang mewah, resort yang sangat cocok untuk keluarga, hotel kelas menengah, homestay sampai dengan hostel yang disediakan bagi backpaker. Bahkan untuk saat ini, homestay dan hostel  sangat diperhatikan kebersihannya oleh pemiliknya.

Cara yang paling bagus untuk menghemat uang dalam hal pemesanan akomodasi adalah Anda dapat memesan secara online yang biasanya harganya lebih rendah dari harga normal, tetapi cobalah untuk membuat reservasi jauh-jauh hari sebelumnya agar mendapatkan harga terbaik, bahkan jika Anda beruntung Anda akan mendapatkan free airport transfer.

Bagi Anda yang bepergian ke Bali dengan keluarga kami sarankan untuk memesan unit villa, biasanya anggaran biaya akan lebih murah daripada resort dan hotel. Selain itu Anda juga dapat menghemat uang Anda untuk makanan karena Anda dapat membuat makanan favorit untuk seluruh anggota keluarga di villa.

Jika ingin liburan cukup lama di Bali, misalkan lebih dari seminggu, ada baiknya untuk mencari kos-kosan dengan tagihan per minggu. Dengan cara ini, kamu dijamin akan menghemat banyak biaya dan tidak perlu pusing membawa koper yang berat tiap harinya. Namun, kamu harus memastikan lokasi kos berada di lokasi yang sesuai dengan itinerarymu ya! Jangan sampai uang yang berhasil kamu simpan justru membuat jebol pengeluaran di bagian transportasi.

Untuk kamu yang liburannya kurang dari seminggu, sebaiknya mencari akomodasi sesuai dengan itinerarymu. Di Bali, terdapat berbagai macam tipe akomodasi yang cocok untuk backpacker, mulai dari hostel, bunk bed dormitoryguest house murah sampai capsule hotel. Jika ingin menginap di daerah Kuta, kamu bisa menjelajahi daerah Legian untuk bisa menemukan penginapan yang super murah! Kamu juga bisa mencari akomodasi murah di Agoda sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

3. Cara Berhemat Anggaran Transportasi Umum Di Bali

Seperti yang kita tahu, keberadaan ojek online telah menjadi sarana transportasi kekinian yang bisa menjadi alternatif selama bepergian antarkota di Bali. Namun, tahukah kamu jika Bali juga punya sarana angkutan umum? Di antaranya adalah bus Trans Sarbagita dan Kura-kura bus.

Bus Trans Sarbagita merupakan bus milik pemerintah provinsi Bali yang melayani beberapa rute penting termasuk di antaranya rute wisata. Lain halnya dengan Kura-Kura bus yang merupakan bus mini khusus untuk rute wisata dengan shuttle point yang cukup banyak. Bus ini menjangkau hampir semua destinasi wisata penting di Bali, mulai dari Nusa Dua hingga Ubud. dengan harga yang lebih rendah dengan menggunakan shuttle bus dengan kisaran harga mulai dari Rp 20.000 – Rp 80.000/ orang/sekali jalan. Bus juga dilengkapi dengan Free WIFI  dan full AC yang membuat perjalanan lebih menyenangkan!

Jika Anda berlibur seorang diri di Bali mungkin menyewa mobil dengan sopir akan menjadi lebih mahal. Namun, kamu bisa menyewa motor atau mobil untuk berpegian dengan rombongan yang lebih besar. Sewa motor saat ini harganya hanya berkisar antara 75,000 hingga 100,000 IDR per hari (tidak termasuk bensin) sedangkan untuk mobil harga sewanya mulai dari 225,000 IDR per hari (tidak termasuk bensin dan sopir).

4. Kuliner Enak, Kenyang Dan Murah

Mencari warung makan yang enak dan murah mungkin menjadi hal yang cukup menantang di Bali. Cobalah untuk mencoba makanan yang disediakan orang lokal yang menggunakan produk lokal yang segar, harga yang murah, dan rasa yang lezat. Terdapat beberapa warung makan yang cukup hits di kalangan para backpacker, di antaranya yaitu Warung Indonesia di Jl. Poppies 2, Kuta. Jika kamu menginap di guest house dengan fasilitas dapur, kamu bisa memasak makanan ringan seperti mie instan, telur mata sapi dengan roti ataupun nasi goreng. Praktis, bukan?

Anda dapat mencoba makanan laut segar dan makanan khas Bali yang disediakan di kedai-kedai kecil di Bali. Anda akan mendapatkan harga makanan yang cukup murah dari Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 45.000 untuk ikan bakar, selain Anda dapat menghemat uang makan Anda, Anda juga dapat berbaur dengan masyarakat lokal yang memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Bagi Anda yang senang menjelajah masakan lokal, kami sarankan untuk pergi ke pasar malam di Bali. Di sini, Anda akan menemukan banyak makananan khas Bali maupun Indonesia, dan yang tidak kalah penting beberapa jajanan lokal yang manis sebagai hidangan penutup. Tetapi selalu pastikan bahwa Anda memilih tempat yang bersih dan menyesuaikan tingkat kepedasan untuk makanan yang Anda pesan jika Anda tidak menyukai makanan pedas.

Fast food ternama juga bisa jadi andalan jika sedang lapar. Kamu juga bisa datang ke LuhTu Coffee Shop di Sanur yang menawakan sensasi makan ala kafe dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk wisata kuliner yang murah lainnya, kamu bisa mencoba Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Sate Plecing Arjuna, dan Ayam Betutu Men Tempeh yang dijamin enak dan ramah di kantong!

5. Mengecek Tempat-Tempat Wisata Di Bali

Tidak ada liburan yang lebih menyenangkan jika kita bisa menjelajahi pulau yang indah ini sebanyak yang kita bisa dengan budget yang rendah. Mengecek tempat-tempat menarik di Bali sangatlah perlu untuk memastikan berapa harga tiket masuk atau donasi yang perlu dikeluarkan.

Biasanya harga tiket masuk objek wisata di Bali mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 100.000/orang. Tetapi jika Anda tidak ingin menghabiskan anggaran biaya Anda untuk berwisata, Bali juga memiliki tempat publik yang tidak memerlukan tiket masuk seperti pura, air terjun, dan tempat melihat sunset yang cantik.

Aktivitas petualangan seru di Bali juga tersedia dengan penawaran terbaik dari travel agent untuk liburan Anda seperti ATV riding, rafting, bersepeda, horse riding, dan sebagainya dan terkadang travel agent tidak tanggung-tanggung menawarkan potongan harga hingga 50%, hal ini dapat membantu Anda menyimpan uang Anda selama berlibur.

6. Perencanaan Itinerary

Itinerary menjadi hal penting yang akan mempengaruhi biaya yang akan kamu keluarkan saat jalan-jalan. Bali memang tidak bisa dijelajahi dalam satu kali kunjungan, jadi jangan terlalu memaksakan diri untuk mengunjungi semua destinasi sekaligus. Perhitungkan berbagai macam kendala yang mungkin terjadi, misalnya badan yang kecapekan, atau ban bocor di tengah jalan. Saat membuat itinerary, ada baiknya jika dibagi berdasarkan wilayah geografis serta kemudahan aksesnya. Pada tahap ini, google maps bisa menjadi alat yang kamu andalkan!

Bali Selatan merupakan wilayah Bali dengan tempat wisata terbanyak dengan jarak yang berdekatan. Di Bali Selatan, kamu bisa membagi segmen wilayah; misalnya, hari pertama sampai ketiga kamu bisa menjelajahi wilayah Sanur dan sekitarnya, lalu lanjut ke Kuta dan berakhir di Uluwatu.

Agar tidak kecewa dengan objek wisata yang terlalu ramai, kamu harus selalu mengunjungi Bali pada saat low season, dimana tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung. Misalnya, wilayah Kuta akan banjir wisatawan pada bulan menjelang tahun baru. Oleh karena itu, kamu bisa merencanakan liburan ke kota lain seperti Ubud, yang cenderung lebih sepi pada bulan tersebut. Mengambil cuti tahunan di luar perayaan hari libur nasional (bulan Maret atau September) juga bisa jadi salah satu alternatif untuk menghindari tempat wisata yang tidak sesuai ekspektasi karena penuh dengan wisatawan.

7. Selama Perjalanan

Selama perjalanan, jangan lupa untuk selalu membawa botol air minummu sendiri, dan isi di tempat penginapanmu sebelum memulai perjalanan. Siapkan juga uang kecil untuk membayar makanan di warung atau untuk membayar angkutan umum. Jika kamu mengandalkan google maps selama perjalanan, tidak ada salahnya menyiapkan rencana alternatif dengan mendownload offline maps untuk daerah yang akan kamu kunjungi. Satu lagi, pastikan power bankmu dalam kapasitas yang penuh agar kamu tidak panik jika baterai handphonemu habis. Jangan sungkan untuk bertanya jika sedang tersesat, karena warga Bali terkenal ramah dan tidak akan segan untuk memberi tahu arah jalan yang benar.

8. Keamanan

Jangan pernah tinggalkan barang berharga dan dokumen penting di tempat penginapanmu. Jika akomodasimu menyediakan electronic safe box, kamu bisa meletakkan barang-barang berharga dan dokumen penting seperti laptop dan paspor di dalamya. Ketersediaan loker ini bisa jadi syarat saat kamu memilih akomodasi, terutama jika kamu membawa banyak barang-barang berharga.

Pastikan juga untuk membawa satu tas kecil yang bisa kamu isi dengan dompet, handphone, ataupun keperluan lainnya. Selalu waspada dengan copet yang berada di tempat-tempat ramai seperti pasar, ataupun pantai. Aktifkan juga aplikasi anti-theft di smartphonemu untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan.

Seiring dengan kejahatan transportasi online yang meningkat, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksa kendaraan sebelum menaikinya, dan selalu waspada dengan gerak gerik mencurigakan selama perjalanan. Saat ini banyak aplikasi smartphone yang bisa melakukan panggilan telepon ke beberapa kontak darurat yang kita simpan, bahkan dalam keadaan tangan terikat. Jadi, pastikan untuk melakukan persiapan yang lengkap dan selalu waspada ya!

9. Berbelanja Oleh-Oleh Murah

Oleh-oleh tentu termasuk dalam salah satu item yang akan meningkatkan pengeluaranmu. Salah satu cara dimana kamu bisa menghemat biaya pengeluaran oleh-oleh adalah dengan berbelanja di pasar. Tawar menawar di pasar tradisional saat membeli souvenir khas Bali juga dapat dilakukan karena biasanya harga souvenir yang ditawarkan di pasar tradisional bisa di tawar. Anda dapat menunjukkan keahlian tawar menawar Anda di sini dan mendapatkan souvenir khas Bali sebanyak yang Anda inginkan untuk keluarga atau teman-teman.

Ya, datang saja ke pasar Kereneng di Jalan Kamboja Badung Bali; selain harganya murah, kamu pun bisa menawar lho! Tapi ingat, nawarnya juga jangan kebangetan ya. Pasar tradisional ini tidak hanya menyediakan suvenir dengan harga murah tapi juga aneka kuliner khas Bali yang wajib kamu coba! Selain lebih murah, Wisata ala backpacker juga memiliki nilai tambah dari sisi pengalaman yang tidak bisa dinilai dengan uang. Semoga kedelapan tips di atas dapat membantumu membuat perencanaan liburan ke Bali ala backpacker ya! Selamat berlibur.

10. Tips Lainnya Untuk Menghemat Uang Anda Ketika Berlibur Di Bali

Selain membeli souvenir khas Bali, Anda juga bisa mendapatkan pijat murah di dekat Pantai Kuta atau Legian. Biasanya mereka menawarkan harga mulai dari Rp 75.000/orang/1 jam. Harga ini tergolong cukup murah dibandingkan pergi ke spa mewah dengan harga lebih dari Rp. 500.000/1 jam.

Tips lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan berlibur ke Bali pada low season (Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, September, Oktober, November) untuk mendapatkan penawaran terbaik dari hotel dan juga tiket pesawat. Seperti yang Anda lihat ada banyak cara bagaimana untuk menghemat uang Anda untuk liburan Anda di Bali. Jadi, Anda tidak perlu khawatir Anda akan menghabiskan banyak uang untuk berlibur di Bali.

 

Contact Person

Email   : baliliburan2018@gmail.com

No Hp : 081337742817 / 0361-9082702

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *